Kemiskinan Dimata Agama Islam dan Kristen

Masrukhi, Masrukhi (2008) Kemiskinan Dimata Agama Islam dan Kristen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4102143_Skripsi Lengkap]
Preview
Text (NIM_4102143_Skripsi Lengkap)
4102143_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah kemanusiaan yang dihadapi umat manusia sepanjang kehidupan khususnya dewasa ini, hal ini merupakan salah satu tantangan yang menuntut agama untuk berperan secara aktif dalam menanggulanginya, sesuai dengan fungsi dan perannya dalam menjawab persoalan umat manusia. Diantara peran dan fungsi agama dalam menghadapi masalah kemanusiaan dapat dilihat dari sejarah kelahiran agama itu sendiri yang tidak lain adalah karena adanya masalah kemanusiaan yang hendak diluruskan “Tuhan Sang Pencipta” lewat ajaran (kitab suci) yang di bawa para Nabi / Rasul di tengah umatnya.

Lewat figur seorang Nabi / Rasul, khususnya Nabi Muhammad SAW. dan Nabi Isa AS., mereka tampil sebagai pelopor untuk membebaskan kaumnya yang tertindas, teraniaya, papa dan hidup dalam kemiskinan. Dengan agama (Islam dan Kristen) yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad dan Nabi Isa, maka diharapkan segala macam permasalahan umat manusia dapat diatasi (termasuk masalah kemiskinan), karena memang agama adalah sebagai pedoman hidup manusia (hudallinnas) dan jalan keselamatan.

Dengan adanya masalah kemiskinan sebagai salah satu masalah kemiskinan yang tengah dihadapi oleh umat manusia dewasa ini, maka sudah barang tentu halitu merupakan missi dan sekaligus tantangan utama bagi agama untuk meresponnya. Karena itu pula, maka masalah kemiskinan merupakan salah satu masalah kemanusiaan yang dapat dijadikan sebagai titik temu dari keprihatinan dan kepentingan semua agama dan juga umat manusia secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengangkat judul skripsi saya tentang hal kemiskinan yang ada dalam pandangan dua agama (Islam dan Kristen). Penulis dalam membahas masalah ini menggunakan metode komparatif, yaitu perbandingan yang mencoba menguraikan dan membandingkan kemiskinan dalam kitab suci agama Islam dan Kristen, dan juga menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu menguraikan secara lengkap, teratur dan teliti terhadap obyek yag dikaji dengan ditunjang dua sumber pokok, yaitu sumber pokok primer dan sumber sekunder.

Penulis dalam menyusun skripsi ini mencoba memaparkan bagaimana kemiskinan dalam pandangan kitab suci agama Islam dan Kristen yang mencakup: pengertian kemiskinan (baik secara umum maupun menurut agama Islam dan Kristen), fenomena kemiskinan dalam agama Islam dan Kristen, solusi terhadap kemiskinan, sebab terjadinya kemiskinan dan bagaimana dampak atau bahayanya dari kemiskinan. Setelah menganalisis, penulis dapat mengambil kesimpulan, yaitu bagaimana persamaan dan perbedaan kemiskinan dalam pandangan kitab suci agama Islam dan Kristen, dan bagaimana solusi mengatasi kemiskinan antara konsep agama dan non agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Miskin; agama; kemanusiaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:32
Last Modified: 04 Dec 2020 06:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics