Respon sekolah terhadap produk Sipajar BMT Damar Semarang

Parehah, Nur (2008) Respon sekolah terhadap produk Sipajar BMT Damar Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_052503002_Nur_Parehah]
Preview
Text (TA_D3_052503002_Nur_Parehah)
052503002_NUR_PAREHAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

BMT DAMAR Semarang merupakan sebuah lembaga keuangan non bank, yang berbadan hukum koperasi yang bergerak dalam bidang jasa keuangan syari’ah, dimana dalam kegiatannya adalah simpan pinjam dana masyarakat dan anggotanya yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan umat. BMT DAMAR memiliki kantor yang berlokasikan di Jl. Wismasari Raya No. 8 Ngaliyan Semarang. Dimana di dalam kegiatannya ada beberapa macam produk penghimpunan dana, yaitu termasuk Sipajar (Simpanan Pelajar). Adapun akad yang digunakan adalah wadi’ah yad dhomanah dan mudahrabah.
Sipajar (Simpanan pelajar) adalah simpanan para anggota siswa/pelajar sebagai dana cadangan pendidikan. Penyetoran dapat dilakukan setiap waktu, akan tetapi penarikan hanya dapat dilakukan oleh pemegang rekening pada tiap semester.
Dalam prakteknya lembaga pendidikan (sekolah) sebagai nasabah yang mengoleksi simpanan para siswa/pelajar. Dimana yang berperan adalah seorang Guru, TU dan Kepala Sekolah. Padahal target atau sasaran utama Sipajar (Simpanan Pelajar) adalah para siswa/pelajar sendiri. Dengan demikian pihak BMT DAMAR bekerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan guna mensosialisasikan jenis produk yang ada terutama Sipajar (Simapanan Pelajar) agar visi, misi dan tujuan tercapai dengan baik. Oleh karena itu penulis ingin mengkaji masalah tersebut dengan fokus rumusan masalah “ Bagaimana respon sekolah terhadap daripada produk Sipajar BMT DAMAR Semarang”
Metode penelitian yang digunakan didalam tugas akhir ini adalah metode analisis deskriptif. Dengan pencarian persentase dimaksudkan untuk mengetahui status yang dipresentasekan dan disajikan tetap berupa persentase lalu ditafsirkan dengan kalimat yang berupa kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara: angket/ kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 responden yang terdiri dari 5 sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 100 % (responden) dari lembaga pendidikan (sekolah), yaitu Guru, TU dan Kepala Sekolah sebagai nasabah yang mengoleksi simpanan para siswa/pelajar tersebut lebih memilih Siridho (Simpanan Ridho) dari pada Sipajar (Simpanan Pelajar) dengan alasan cara penarikan/pengambilan simpanan yang tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu (fleksibel) tetapi dapat diambil tiap semester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan pendidikan; Respon sekolah; Baitul Mal wa Tamwil (BMT); Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2020 08:24
Last Modified: 02 Dec 2020 08:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics