Penanganan bank terhadap pembiayaan musyarakah bermasalah: studi kasus BNI Syariah Cabang Semarang

Pratiwi, Izza (2008) Penanganan bank terhadap pembiayaan musyarakah bermasalah: studi kasus BNI Syariah Cabang Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_2305003_Izza_Pratiwi]
Preview
Text (TA_D3_2305003_Izza_Pratiwi)
2305003_Izza_Pratiwi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Musyarakah adalah akad kerjasama dua orang atau lebih yang sama-sama menyertakan modal dalam suatu proyek atau usaha dan membagi keuntungan/ kerugian sesuai dengan kesepakatan. Sedang pembiayaan musyarakah bermasalah adalah pembiayaan yang di dalam pelaksanaannya belum mencapai atau memenuhi target yang diinginkan oleh bank, dimana nasabah mengalami kesulitan dalam penyelesaian kewajiban-kewajibannya. Pembiayaan bermasalah menggambarkan situasi dimana persetujuan pengembalian pembiayaan mengalami resiko kegagalan, dan cenderung menuju kerugian potensial. Ini merupakan salah satu resiko pembiayaan yang selalu muncul di lembaga keuangan manapun, baik bank atau non bank, baik syari’ah ataupun konvensional, termasuk BNI Syari’ah Cabang Semarang.
Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan Tugas Akhir (TA) ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di BNI Syariah Cabang Semarang. Untuk menggali data-data yang relevan atau sumber data (primer maupun sekunder) penulis melakukan pengumpulan data dengan interview, observasi dan dokumentasi.
Pembiayaan musyarakah bermasalah yang terjadi di BNI Syari’ah disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal, oleh karena itu BNI Syari’ah harus mempunyai kebijakan-kebijakan yang baik dan sesuai dengan syar’i untuk menangani adanya pembiayaan musyarakah bermasalah salah satunya dengan menggunakan R3 (Rescheduling, Reconditioning, Restructuring), serta harus adanya upaya-upaya guna mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah yakni dengan proses analisa, pembinaan, pemantauan, hingga strategi dalam penyelesaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musyarakah; Bank syariah; Pembiayaan bermasalah; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2020 08:30
Last Modified: 02 Dec 2020 08:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics