Akad nikah dengan bantuan video conference lewat jaringan Voice Over Internet Protocol (VOIP)

Kisbiyah, Kisbiyah (2008) Akad nikah dengan bantuan video conference lewat jaringan Voice Over Internet Protocol (VOIP). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2101047_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2101047_Skripsi_Lengkap)
2101047_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbicara tentang masalah pernikahan salah satu rukun nikah yang harus dipenuhi adalah ijab qabul, atau yang sering dikenal dengan sebutan akad nikah. Dalam proses akad nikah juga ada syarat dan rukun yang harus dipenuhi seperti adanya wali, calon suami, calon isteri, sighat, saksi. Persoalan yang muncul dari salah satu syarat akad nikah adalah tentang akad dalam satu majelis. Berkaitan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju maka permasalahan-permasalahan dengan rukun nikah yang berupa ijab qabul yang di lakukan dengan syarat satu majlis pun mengalami atau menemukan permasalahan khususnya bila di kaitkan dengan alat bantu video conference melalui jaringan Voice Over Internet Protocol yang digunakan dalam perkawinan dalam mengucapkan ijab dan qobul
Perumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan akad nikah voice over internet protocol (VoIP) dan bagaimana tinjauan hukum islam tentang nikah dengan voice over internet protocol (VoIP).
Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), sedangkan dalam menganalisis data dari penulisan ini penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Setelah penulis memperoleh data, data tersebut dikumpulkan kemudian disusun, dijelaskan dan dianalisis.
Proses pelaksanaan akad nikah melalui video conference dengan alat bantu voice over internet protocol, merupakan proses yang dilakukan untuk mempermudah seseorang untuk melangsungkan pernikahan jarak jauh. Apabila calon pengantin pria dengan calon pengantin wanita berada dalam jarak yang sangat jauh, sementara salah satu pihak tidak bisa hadir langsung dalam acara tersebut karena suatu hal, maka pernikahan melalui internet protocol menjadi alternatif.
Berdasarkan penelitian terhadap akad nikah melalui video conference dengan alat bantu voice over internet protocol dapat dikatakan sah, apabila semua rukun pernikahan terpenuhi walaupun syarat dari ijab qabul yang harus di laksanakan dalam satu majlis tidak terpenuhi seperti harus berkumpulnya individu secara fisik dan semua pihak yang terlibat harus dalam satu tempat dan waktu yang bersamaan namun, syarat yang lain terpenuhi yaitu pengantin pria dapat langsung mengucapkan qabul setelah di ucapkannya ijab. Menurut Abd al-Rahman al-Jazairi makna “satu majlis” adalah keterlibatan langsung antara wali atau pun yang mewakilinya dan calon suami atau yang mewakilinya, dalam pelaksanaan ijab-qabul beberapa ulama mensyaratkan juga hadirnya dua orang saksi, keterlibatan langsung disini berarti adanya ikut serta kedua belah pihak dalam melangsungkan sighat ijab-qabul, yang dipentingkan disini adalah bukan bersatunya individu secara fisik. Dengan demikian, jaringan internet atau sarana telekomunikasi lainnya bisa dikategorikan sebagai “satu majlis” jika komunikasi yang berlangsung masih dalam konteks yang sama. Dalam hal ini, konteksnya adalah akad ijab dan qabul yang disampaikan, ketidakhadiran fisik calon suami tidak lagi menjadi rintangan sahnya perkawinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akad nikah; Video conference; Voice over internet protocol
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:32
Last Modified: 04 Dec 2020 06:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11828

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics