Tinjauan Hukum Islam terhadap zakat perusahaan : studi kasus pada Perusahaan Makmur Jaya Motor di Ciomas Kab. Bogor

Ulum, Syifa'ul (2008) Tinjauan Hukum Islam terhadap zakat perusahaan : studi kasus pada Perusahaan Makmur Jaya Motor di Ciomas Kab. Bogor. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2101114_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2101114_Skripsi_Lengkap)
2101114_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan kewajiban mutlak secara umum bagi pribadi muslim umumnya, dan kelompok atau badan hukum yang mengadakan perkongsian dan berserikat dalam dunia usaha perekonomian. Dalil wajib perintah zakat-NYA dalam Al-Qur`an dan Sunnah sudah tidak dapat diragukan lagi. Kemuliaan perintah wajib zakat sangat dekat sekali dengan perintah kewajiban shalat yang termaktub dalam kitab-NYA..Namun demikian keberadaan perintah wajib zakat dalam ke-Islaman Indonesia saat ini belum banyak menolong keterpurukan ekonomi yang dialami kaum lemah muslim pada umumnya karena kurangnya kesadaran dari masing-maing pihak individu maupun kelompok dari pihak muzakki sendiri, dan dalam pendistribusian harta zakat pun masih terkasan acak, dimana hanya akan menjadikan penumpukan harta pada satu sisi saja. Sementara kelompok yang justru berhak dan benar-benar membutuhkan kian makin terpuruk kekurangan dalam ketidak berdayaan dan tidak tau harus bagaimana meminta hak-haknya.

Adapun perusahaan jasa trasportasi angkutan kota “Makmur Jaya Motor” yang berada dicikoneng kecamatan ciomas kab. Bogor adalah salah satu miniatur badan hukum yang terkena kewajiban zakat, dan dalam pemungutan maupun penditribusiannya memakai Istinbat Hukum yang dalam fikih klasik selalu di perdebatkan.

Oleh karena itu penulis tertarik untuk meninjau pelaksanaan zakat pada perusahaan tersebut dan Istinbat Hukum macam apa yang yang dipergunakan sebagai pijakannnya.

Selanjutnya dalam penulisan skripsi ini, Penulis mengumpulkan data yang ada baik dari sumber data lapangan langsung khususnya, maka dimulai dengan menelaah seluruh data yang sudah tersedia dari berbagai sumber yaitu pengamatan, wawancara, dokumentasi dan juga data sumber-sumber kajian ilmiah yang diperoleh dari pustaka, kemudian penulis menganalisis dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yaitu dengan cara mendefinisikan fakta-fakta guna untuk menggambarka sifat suatu keadaan yang sementara berjalan pada saat penelitian dilakukan, dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Atau terbatas pada usaha menggungkapkan suatu masalah atau keadaan atau peristiwa sebagaimana adanya, sehingga bersifat sekedar untuk mengungkapkan fakta (Fact Finding) serta mempergunakan data yang dinyatakan secara verbal dan kualifikasinya bersifat teoritis untuk menguji kebenaran atau ketidak benaran praduga atau temuan sementara (Hipotesis), lalu memberikan analisis secara kritis dengan mengacu pada sumber-sumber hukum Islam, sehingga menghasilkan suatu kemaslahatan yang tidak di-syari’at-kan oleh syar’i dalam wujud hukum, dalam rangka menciptakan kemaslahatan (Maqasidu Syari`ah) di samping tidak terdapat dalil yang membenarkan dan membatalkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; Perusahaan; Hukum islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:33
Last Modified: 04 Dec 2020 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11832

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics