Peningkatkan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits melalui Model Pembelajaran Index Card Match (Studi Tindakan pada Peserta Didik Kelas III MI Mororejo 01 Kaliwungu Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012

Ma’rifah, Ma’rifah (2012) Peningkatkan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits melalui Model Pembelajaran Index Card Match (Studi Tindakan pada Peserta Didik Kelas III MI Mororejo 01 Kaliwungu Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911225_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911225_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911225_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911225_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911225_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911225_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911225_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Hasil belajar Al Qur’an Hadis dan Metode Index Card Match. Kajiannya dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al Quran Hadits dan metode pembelajaran yang kurang inovatif sehingga perlu diterapkan metode Index Card Match. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Index Card Mach pada pembelajaran Qur’an Hadits di MI Mororejo 01 Kaliwungu Kendal? (2) Apakah model pembelajaran Index Card Mach dapat meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas III di MI Mororejo 01 Kaliwungu Kendal? Permasalahan tersebut dibahas melalui tindakan kelas III MI Mororejo 01 Kaliwungu Kendal. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evaluasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan keaktifan siswa melalui tes lisan dan observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan adalah siswa yang mendapat nilai ≥70, ketuntasan belajar mencapai 85% pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil Belajar pada prasiklus nilai rata-rata 64,79, ketercapaian klasikal 33,33%, selanjutnya setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 69,38, ketuntasan belajar secara klasikal 66,67%. Pada siklus II nilai rata-rata 76,67 dan ketuntasan mencapai 91,67%. Dari hasil tindakan dapat disimpulkan bahwa metode Index Card Match dapat menjadi solusi dalam upaya meningkatkan hasil belajar Al Qur’an Hadits, dan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits siswa kelas III MI Mororejo 01 Kaliwungu Kendal. Dari hasil penelitian disarankan bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya seorang guru tidak terfokus pada satu atau dua metode saja, tetapi harus kreatif dengan menyajikan metode yang variatif sehingga pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan supaya siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Guru dapat mengembangkan metode Index Card Match untuk materi yang lain sebagai variasi penggunaan model pengajaran dalam mengajarkan mata pelajaran Al Qur’an Hadits.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al Qur’an Hadits; Model Pembelajaran; Index Card Match; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:17
Last Modified: 24 Dec 2013 03:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item