Analisis hukum islam terhadap pelaksanaan resepsi pernikahan (walimatul ‘urs) di Desa kebloran Kec. Kragan Kab. Rembang

Purnadi, Purnadi (2008) Analisis hukum islam terhadap pelaksanaan resepsi pernikahan (walimatul ‘urs) di Desa kebloran Kec. Kragan Kab. Rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2102032_SKRIPSI_LENGKAP]
Preview
Text (NIM_2102032_SKRIPSI_LENGKAP)
2102032_Skripsi Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Resepsi pernikahan (walimatul ‘urs) merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan dalam sebuah pernikahan. Selain untuk mengamalkan ajaran agama, resepsi pernikahan (walimatul ‘urs) ini juga bertujuan untuk menghindarkan fitnah di kalangan masyarakat luas. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, harus sesuai dengan apa yang telah disyari’atkan oleh agama.
Desa Kebloran adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang mempunyai pandangan sendiri mengenai pelaksanaan walimatul ‘urs. Yang dimaksud diatas adalah dilaksanakannya walimah dengan cara yang meriah tanpa memperhatikan asas kesederhanaan yang dianjurkan agama Islam. Kemegahan tersebut terlihat dari banyaknya undangan yang hadir, makanan yang beraneka macam dan menghabiskan biaya yang jika dikalkulasikan dengan uang bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apa faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya pelaksanaan resepsi pernikahan (walimatul ‘urs) yang besar-besaran tersebut dan apa dampak sosial yang diakibatkan oleh resepsi pernikahan (walimatul ‘urs) tersebut.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research), dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, metode yang dirancang untuk menggambarkan sifat suatu keadaan atau fenomena kehidupan sosial masyarakat yang sementara berjalan pada saat penelitian dilakukan.
Diantara faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya praktek tersebut adalah tradisi masyarakat, status sosial dan pemahaman masyarakat yang kurang mengenai ajaran agama.
Dampak sosial yang diakibatkan antara lain hutang yang berkepanjangan, timbulnya kecemburuan sosial, mengganggu ketentraman masyarakat, dan menafikan nilai-nilai agama dan moral dalam masyarakat.
Meskipun tujuan awalnya adalah untuk memuliakan tamu, akan tetapi kemafsadatan yang diakibatkan dalam pelaksanaan walimatul ’urs lebih besar daripada kemaslahatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Resepsi; Nikah; Kabupaten Rembang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.01 Philosophy and Theory of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:33
Last Modified: 04 Dec 2020 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics