Studi komparatif pendapat pengikut al-mazhahib Al-arba’ah tentang orang fasik Menjadi wali nikah

Widodo, M.Mustofa Agus (2007) Studi komparatif pendapat pengikut al-mazhahib Al-arba’ah tentang orang fasik Menjadi wali nikah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 2101335_M.Mustofa Agus Widodo.pdf]
Preview
Text
2101335_M.Mustofa Agus Widodo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (960kB) | Preview

Abstract

Secara konkrit dan tegas dan mengenai dasar hukum keberadaan dalam akad nikah diatur dalam al-Qur’an dan juga hadits nabi. Secara umum dalam akad nikah keberadaannya diterima oleh jumhur ulama. Akan tetapi dalam masalah syarat-syarat yang harus dimiliki oleh wali sewaktu menjadi wali nikah terdapat perbedaan pandangan. Adapun secara umum syarat yang harus dimiliki oleh wali adalah : Islam, baligh, berakal, merdeka, laki-laki, dan adil. Kemudian pengikut al-Mazhahib al-Arba’ah yang dimaksud adalah ulama Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah dan Hanabilah. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah: Pertama, Bagaimana pendapat pengikut Mazhahib al-arba’ah tentang orang fasik menjadi wali nikah, Kedua, Bagaimana istinbath hukum mereka yang dijadikan dasar pendapatnya tentang orang fasik menjadi wali nikah. Dari permasalahan diatas, penulis bermaksud mengkaji pendapat mereka, dalam bentuk analisis komparatif yaitu metode yang menganalisa data-data tertentu yang berkaitan dengan situasi atau faktor-faktor yang diselidiki dan membandingkan faktor satu dengan faktor lainnya dan content analisis yaitu analisis terhadap makna yang terkandung dalam pemikiran, dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), dan pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan terhadap fiqh dan usul fiqih. Menurut Hanafiyah adalah/adil bukan merupakan syarat untuk menjadi wali, sehingga orang fasik boleh menikahkan putra putrinya yang masih kecil. Menurut Malikiyah bahwa kefasikan tidak menghalangi seseorang menjadi wali nikah dan hanya mengurangi kesempurnaan. Menurut Syafi’iyah dan Hanabilah berpendapat bahwa fasik mencegah hak menjadi wali nikah, apabila ada wali fasik maka berpindahkan hak menjadi wali yang dimilikinya kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mazahib al-arba'ah; Wali Nikah' Hukum Perkawinan; Fikih Munakahat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:29
Last Modified: 04 Dec 2020 06:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics