Inovasi pengelolaan produk arisan uswah di BMT Bintoro Madani Demak

Pratiwi, Wahida (2008) Inovasi pengelolaan produk arisan uswah di BMT Bintoro Madani Demak. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_2305005_wahida_pratiwi]
Preview
Text (TA_D3_2305005_wahida_pratiwi)
2305005_WAHIDA_PRATIWI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank Syari'ah atau lembaga keuangan syari’ah non bank memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan pengertian bank secara umum, yaitu sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dana dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau pembiayaan untuk berbagai tujuan atau sebagai finansial intermediary. Bank atau lembaga keuangan non bank sebagai perusahaan jasa harus pandai-pandai memberikan inovasi pada produk jualnya agar tidak ditinggalkan oleh pelanggan (nasabah).
Pada pembahasan tugas akhir ini, penulis akan membahas tentang bagaimana sebuah lembaga keuangan syari’ah non bank, dalam hal ini adalah BMT Bintoro Madani Demak melakukan suatu inovasi produk dimana produk tersebut diharapkan dapat bersaing di pasar perekonomian dewasa ini. Yang akan penulis paparkan disini adalah mengenai INOVASI PENGELOLAAN PRODUK ARISAN USWAH DI BMT BINTORO MADANI DEMAK. Secara umum mekanisme dan ketentuan dari arisan uswah ini sendiri sama dengan arisan pada umumnya, akan tetapi yang membedakan dari arisan uswah ini adalah sistemnya. Sistem yang digunakan di sini adalah sistem gugur, yaitu anggota yang telah keluar menjadi pemenang arisan tidak diwajibkan lagi membayar angsuran pada putaran berikutnya. Akan tetapi anggota tersebut masih berhak mendapatkan hadiah yang disediakan oleh pihak BMT Bintoro Madani yang diundi setiap tiga bulan sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inovasi produk; Perbankan; Baitul Mal wa tamwil (BMT); Demak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:55
Last Modified: 04 Dec 2020 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11857

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics