Peran asuransi dalam pembiayaan murabahah di BNI Syari’ah Cabang Semarang

Wibowo, Thoriq Adi (2008) Peran asuransi dalam pembiayaan murabahah di BNI Syari’ah Cabang Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_2305014_Thoriq_Adi_Wibowo]
Preview
Text (TA_D3_2305014_Thoriq_Adi_Wibowo)
2305014_Thoriq_Adi_Wibowo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Murabahah adalah akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Sedangkan asuransi syari’ah sebagai at-ta’min at-ta’awuni (asuransi yang bersifat tolong menolong), yaitu kesepakatan beberapa orang untuk membayar sejumlah uang sebagai ganti rugi ketika salah seorang diantara mereka ditimpa musibah.
Pengikut sertaan asuransi dalam pembiayaan murabahah sering menimbulkan keresahan pada nasabah, karena nasabah harus membayar sejumlah uang yang seharusnya tidak perlu dibayar. Tapi jika nasabah mengetahui fungsi asuransi yang sebenarnya maka nasabah dapat meminimalisir resiko-resiko yang mungkin timbul.
Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan Tugas Akhir (TA) ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di BNI Syari’ah Cabang Semarang. Untuk menggali data-data yang relevan atau sumber data (primer maupun sekunder) penulis melakukan pengumpulan data dengan interview dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, penyertaan asuransi dalam pembiayaan murabahah ternyata memiliki peran yang sangat penting, hal ini juga diterapkan pada bank-bank syari’ah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asuransi; Pembiayaan; Murabahah; Bank Syariah; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:02
Last Modified: 04 Dec 2020 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics