Aplikasi pembiayaan bai bitsaman ajil untuk modal kerja di KJKS Binama Kaliwungu

Imaroh, Ani (2008) Aplikasi pembiayaan bai bitsaman ajil untuk modal kerja di KJKS Binama Kaliwungu. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_052503024_Ani_Imaroh]
Preview
Text (TA_D3_052503024_Ani_Imaroh)
052503024_ANI_IMAROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (802kB) | Preview

Abstract

Koperasi jasa keuangan syari’ah (KJKS) Binama Kaliwungu adalah sebuah lembaga keuangan non bank yang hadir untuk menjembatani dana dari para pemilik harta untuk dikelola secara produktif dan professional untuk pengembangan ekonomi umat dalam bentuk pembiayaan. Bai Bitsaman ajil adalah jual beli sistem tangguh dengan pembayaran secara angsuran / cicilan. Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis akan memaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan prosedur pembiayaan BBA, tahap dan proses pembiayaan serta penaganan pembiayaan bermasalah. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara kepada koordinator dan karyawan KJKS Binama Kaliwungu, observasi secara langsung maupun tidak langsung pada obyek yang diteliti yaitu melihat langsung bagaimana mekanisme dan prosedur pembiayaan BBA di KJKS Binama Kaliwungu. Dari hasil penelitian Tugas Akhir ini, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa : pertama, salah satu jenis pembiayaan di KJKS binama Kaliwungu adalah BBA, yaitu pembelian barang dengan pembayaran cicilan yang diberikan kepada nasabah dalam rangka pemenuhan kebutuhan barang modal; kedua, salah satu masalah yang acap kali timbul di lembaga keuangan adalah pembiayaan bermasalah (Bank konvensional : kredit macet ) hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu internal dan eksternal; ketiga, penaganan pembiayaan bermasalah harus melalui tahap tersetruktur, yakni proses identifikasi masalah, klasifikasi masalah, penyelesaian dan restrukturisasi; keempat, KJKS Binama harus selektif dalam melendingkan dana, hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan aspek 5C yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Bai bitsaman ajil; Modal kerja; Koperasi Keuangan Jasa Syariah (KJKS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:35
Last Modified: 04 Dec 2020 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics