Aplikasi tabungan harian mudharabah pada KJKS Kospin Tawakal Kaliwungu Kendal

Listiyani, Atik (2008) Aplikasi tabungan harian mudharabah pada KJKS Kospin Tawakal Kaliwungu Kendal. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_052503028_Atik_Listiyani]
Preview
Text (TA_D3_052503028_Atik_Listiyani)
052503028_ATIK_LISTIYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara kelembagaan BMT didampingi atau didukung oleh pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK). PINBUK sebagai lembaga primer karena mengemban misi yang lebih luas, yakni menetaskan usaha kecil. Dalam prakteknya, PINBUK menetaskan BMT,. Keberadaan BMT itu berada ditengah masyarakat, dengan jalan ini BMT mampu mengakomodir kepentingan ekonomi masyarakat. Peran umum BMT yang dilakukan adalah melakukan pembinaan dan pendanaan berdasarkan sistem syariah. Koperasi Jasa Keuangan Syariah ( KJKS ) Kospin Tawakal dengan nasabahnya bukan hubungan antara debitur dan kreditur melainkan hubungan kemitraan antara penyandang dana ( Shohibul Maal ) dengan pengelola dana ( Mudharib ) . kegiatan produk operasional KJKS Kospin Tawakal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat meliputi : pendanaan atau menghimpun dana dan mengeluarkan dana.
Dari produk kospin tawakal yang terdapat diatas yang akan dibahas lebih lanjut adalah mengenai produk pendanaan atau menghimpun dana, yaitu tentang Tabungan Harian Mudharabah mengenai Aplikasi Tabungan Harian Mudharabah dan teknik perhitungan bagi hasil Tabungan Harian Mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi pembukaan, penarikan, dan penutupan Tabungan Harian Mudharabah serta untuk mengetahui teknik perhitungan bagi hasil di KJKS Kospin Tawakal.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk memutuskan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data . Dengan demikian penelitian ini menyajikan data-data, menganalis, dan menginterpretasikan data yang ada di KJKS Kospin Tawakal.
Hasil dari penelitian ini, produk yang dimiliki oleh KJKS Kospin Tawakal Kaliwungu Kendal khususnya Tabungan Harian Mudharabah. Tabungan Harian Mudharabah merupakan produk yang secara prinsip berdasarkan syari’ah, karena menggunakan sistem bagi hasil bukan sistem bunga. Disamping itu produk tersebut dapat memudahkan nasabah menginvestasikan dananya dan mempercayakan dananya untuk dikelola KJKS dengan bagi hasil yang sesuai dengan nisbah yang telah disepakati sejak awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan; Mudharabah; KJKS; Kendal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:38
Last Modified: 07 Dec 2020 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11870

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics