Mekanisme pembiayaan ijarah di BMT Binama Semarang

Chabiibullah, Chabiibullah (2008) Mekanisme pembiayaan ijarah di BMT Binama Semarang. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of TA_D3_052503039_Chabiibullah]
Preview
Text (TA_D3_052503039_Chabiibullah)
052503039_CHABIIBULLAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

BMT Binama Semarang yang beralokasikan di Jl.Tlogosari Raya I Semarang, merupakan sebuah lembaga keuangan non bank yang memberi jalan keluar terhadap kendala modal pengembangan usaha sebagaimana banyak dialami oleh para pengusaha kecil dan menengah.
Dimana di dalam BMT Binama Semarang mengeluarkan produk pembiayaan sewa dan jasa dengan akad Ijarah. Untuk memasarkan produk pembiayaan BMT Binama memakai beberapa strategi. Dengan strategi tersebut tujuan dan target yang dinginkan dapat tercapai. Oleh karena itu penulis menfokuskan tentang Mekanisme Pembiayaan Ijarah di BMT Binama Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara kepada karyawan BMT Binama Semarang, observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang terjadi fokus penelitian dan mengetahui suasana kerja di BMT Binama Semarang serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan Mekanisme Pembiayaan Ijarah di BMT Binama Semarang dan dokumentasi. yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian yang telah penulis lakukan di BMT Binama Semarang menunjukkan bahwa salah satu contoh produk pembiayaan yang dimiliki BMT BINAMA Semarang adalah pembiayaan ijarah. Bertujuan dapat digunakan untuk modal kerja, investasi, ataupun konsumtif, sehingga sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Produk ini menggunakan akad sewa, dimana ijarah ialah prinsip pembiayaan berskema sewa menyewa yang penyewa mempunyai kesempatan berubah status sebagai pembeli pada akhir waktu penyewaan. Harga sewa dan harga beli ditetapkan bersama kala awal perjanjian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Ijarah; Bitul Mal wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:23
Last Modified: 07 Dec 2020 04:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics