Pengembangan kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muhsin Desa Margolinduk Bonang Demak melalui WAJARDIKDAS

Mubarok, Ahmad Zaki (2007) Pengembangan kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muhsin Desa Margolinduk Bonang Demak melalui WAJARDIKDAS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_3100172_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3100172_Skripsi_Lengkap)
3100172fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan kurikulum WAJARDIKDAS di Pondok Pesantren Salafiyah dan untuk memaparkan proses pengembangan WAJARDIKDAS di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muhsin desa Margolinduk Bonang Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan pendekatan deskriptif. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk membuat pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Kemudian data diperoleh melalui interview, observasi dan dokumen, data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum atau program pengajaran yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kurikulum khas yang telah berlaku di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muhsin desa Margolinduk Bonang Demak, ditambah dengan beberapa mata pelajaran umum yang menjadi satu kesatuan kurikulum yang menjadi program pendidikan baru yang diterapkan di Pondok Pesantren Salafiyah. Mata pelajaran umum yang diwajibkan untuk diajarkan dan disertakan dalam pelajaran Pondok Pesantren Salafiyah berupa tiga mata pelajaran yaitu ; Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam. Selain itu juga diajarkan IPS dan PPKn. Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas guru khususnya guru mata pelajaran umum, pihak pengurus pesantren mengikutsertakan guru mata pelajaran umum tersebut dalam pelatihan-pelatihan pendidikan guru, baik yang diselenggarakan Pemerintah Daerah, Departemen agama, Departemen Pendidikan Nasional, maupun organisasi pendidikan. Guru yang mengajarkan mata pelajaran umum di Pondok Pesantren Salafiyah AlMuhsin diambil dari MTs Al-Mubarok. Adapun metode yang digunakan adalah perpaduan antara metode tradisional seperti halaqoh, wetonan, hafalan dan sebagainya dipadukan dengan metode yang telah dikenal luas pada proses belajar mengajar (PBM) madrasah dan sekolah. Penilaian dilakukan dengan cara harian, mingguan, bulanan, dan semesteran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pondok pesantren salafiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 07 Dec 2020 05:51
Last Modified: 28 Oct 2022 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics