Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kelas IV Desa Simpar Bandar Batang Tahun 2011-2012

Zuhan, Moh. (2012) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kelas IV Desa Simpar Bandar Batang Tahun 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911236_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911236_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911236_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911236_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911236_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911236_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911236_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Motivasi adalah usaha untuk melakukan atau mewujudkan perbuatan nyata dalam memenuhi kebutuhan atau mencapai kebutuhan atau mencapai tujuan tertentu. Dalam belajar peserta didik harus mempunyai motivasi baik dari dalam dirinya maupun dari orang lain. Motivasi belajar peserta didik dapat diketahui melalui perilaku peserta didik dalam belajar. Perilaku belajar peserta didik seperti halnya keaktifan peserta didik di kelas, keberanian bertanya dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana motivasi belajar peserta didik, bagaimana prestasi belajar peserta didik dan adakah hubungan motivasi belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik kelas IV MII Desa Simpar Bandar tahun 2011-2012?. Tujuannya adalah untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik, prestasi belajar peserta didik dan hubungan motivasi belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik kelas IV MII Desa Simpar Bandar tahun 2011-2012. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi peserta didik untuk lebih semangat dalam belajar, sebagai masukan bagi seorang guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik, sebagai bahan masukan bagi sekolah/lembaga pendidikan itu sendiri dan penelitian ini bisa dijadikan bahan acuan bagi orang tua dalam memberikan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya yaitu siswa kelas IV MII Desa Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tahun 2011-2012 yang berjumlah 26, dan seluruhnya dijadikan sampel. Metode pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk metode analisis datanya yaitu dengan menggunakan metode statistik teknik korelasi product moment. Hasil penelitiannya yaitu bahwa Motivasi belajar siswa kelas IV MII Simpar Bandar Batang Tahun Pelajaran 2011-2012 rendah dengan rata-rata hasil angket sebesar 47,3. Adapun prestasi belajar siswa kelas IV MII Simpar Bandar Batang Tahun Pelajaran 2011-2012 dikategorikan tidak tuntas, karena rata-rata nilai siswa yaitu 69,57. Tingkat signifikan mengenai hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV MII Simpar Bandar Batang Tahun Pelajaran 2011-2012 yaitu terbukti rxy = 0,656 > rtabel = 0,388 pada taraf signifikan 5% dan rxy = 0,656 > rtabel = 0,505 pada taraf signifikan 1% ini berarti motivasi belajar memiliki hubungan positif dengan prestasi belajar dan ini berarti hipotesis yang diajukan diterima

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:23
Last Modified: 24 Dec 2013 03:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item