Strategi pemasaran dan pengelolaan dana pihak ketiga di BMT Binama Semarang

Zamroni, Muhammad (2008) Strategi pemasaran dan pengelolaan dana pihak ketiga di BMT Binama Semarang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA_D3_052503034_Muhammad_Zamroni]
Preview
Text (TA_D3_052503034_Muhammad_Zamroni)
052503034_MUHAMMAD_ZAMRONI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga Keuangan Syari’ah bank maupun non bank adalah sebagai penghubung antara yang membutuhkan dana dan yang berlebihan dana sehingga keberadaan bank sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, maka dengan itu BPRS Artha Mas Abadi memberikan produk pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan dana yang di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan dana yang diinginkan.
Maka dengan itu dalam Tugas Akhir ini membahas permasalahan yaitu bagaimana mekanisme dan aplikasi pembiayaan mudharabah pada sektor pertanian di PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati, untuk mengetahui dan menyelesaikan permasalahan itu penulis memakai tiga metode yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi kemudian setelah metode itu di dapat kemudian menganalisis data atau mengorganisasikan data yang sudah terkumpul.
BPRS Artha Mas Abadi memberikan produk pembiayaan berupa mudharabah musiman yaitu produk yang mana dalam menyalurkannya hanya di peruntukan untuk para petani dan menggunakan akad mudharabah. Yang mana syarat-syarat untuk mendapatkan pembiayaan ini adalah harus mempunyai lahan pertanian yang sudah di tanami maupun belum, kemudian mengisi formulir pendaftaran dengan menyerahkan foto copy agunan berupa surat BPKB atau surat tanda kepemilikan tanah.
Dalam pelaksanaan produk ini bank akan mengambil bagi hasil dengan prosentase pendapatan dari hasil panen di bagi dengan nisbah bagi hasil yang di sepakati antara peminjam dan pihak bank dan apabila nasabah mengembalikan lebih awal dari jangka waktu yang di tetapkan maka akan mendapat potongan atau biasa di sebut muqosah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pengelolaan dana; Pihak ketiga; Baitul Mal wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Dec 2020 08:57
Last Modified: 17 Jul 2021 13:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics