Pendidikan nilai lingkungan hidup untuk anak usia prasekolah di TPIUD Cayaha Ilmu Pedurungan Semarang

Maulana, Lukni (2009) Pendidikan nilai lingkungan hidup untuk anak usia prasekolah di TPIUD Cayaha Ilmu Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi-3103076-Lukni-Maulana]
Preview
Text (Skripsi-3103076-Lukni-Maulana)
3103076 LUKNI MAULANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lukni Maulana (NIM: 3103076). Pendidikan Nilai Lingkungan Hidup untuk Anak Usia Prasekolah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Walisongo Semarang, 2009.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan global yang selama ini menjadi isu internasional yaitu manusia mulai resah dengan dirinya dan lingkungan hidupnya sebagai akibat dari krisis lingkungan hidup dan energi. Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan membawa akibat terhadap alam lingkungannya. Pencemaran udara, tanah, air yang terkadang membawa akibat seperti tidak suburnya lahan pertanian, banjir dan tanah longsor. Sudah jelas diketahui bahwa kerusakan alam dan lingkungan hidup yang dasyat bukan di sebabkan oleh penuaan alam itu sendiri tetapi justru diakibatkan oleh tangan-tangan yang selalu berdalih memanfaatkannya, yang sesungguhnya sering kali mengeksploitasi tanpa mempedulikan kerusakan lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan lingkungan hidup untuk anak usia prasekolah dan mengetahui nilai-nilai pendidikan lingkungan hidup yang di ajarkan kepada anak usia prasekolah. Hal yang terpenting yaitu anak-anak prasekolah dapat tertanam kesadaran tentang lingkungan hidup.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Langkah pertama yang diambil guna menentukan sampel penelitian adalah melalui observasi terhadap beberapa taman pendidikan anak usia dini, sekolah alam dan obyek wisata. Observasi ke beberapa lembaga pendidikan tersebut bertujuan untuk melihat lebih dekat tentang hakikat pembelajaran pada anak usia prasekolah dalam menanamkan nilai-nilai lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif bertujuan untuk meneliti dan mengkaji segala sesuatu yang menjadi pokok bahasan menuju suatu pemekaran makna untuk mencapai suatu kesimpulan melalui nuansa pembelajaran lingkungan hidup untuk anak usia prasekolah
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan nilai lingkungan untuk anak usia dini sangat dibutuhkan sebagai upaya penanaman kesadaran. Penanaman kesadaran sejak usia dini, anak akan semakin terbiasa dengan pola hidup yang menghargai lingkungan, terutama pada aspek nilai-nilai lingkungan yaitu anak semakin tahu tentang kebenaran, kebaikan dan keindahan lingkungan atau semesta yang diciptakan Allah sebagai pewujudtan cintanya kepada manusia.
Pendidikan nilai lingkungan hidup sebagai jalan upaya mengintegrasikan ke dalam bidang mata pelajaran. Melalui pendidikan nilai lingkungan hidup anak akan mengetahui fungsi atau tujuan pendidikan Islam yaitu sebagai abdillah dan khalifah atau dialektika horizontal dan dialektika vertikalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan lingkungan; Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD); TPIUD Cayaha Ilmu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2020 09:06
Last Modified: 05 Jun 2021 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics