Study komparasi pelaksanaan kurikulum Pendidikan pra sekolah di TK Harapan Bunda Penggaron dan TK Raudlatul Athfal di Palebon Semarang

Rohman, Fatchur (2007) Study komparasi pelaksanaan kurikulum Pendidikan pra sekolah di TK Harapan Bunda Penggaron dan TK Raudlatul Athfal di Palebon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3100008_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3100008_Skripsi_Lengkap)
NIM_3100008_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (760kB) | Preview

Abstract

PENELITIAN INI BERUSAHA UNTUK MENGGALI 1). BAGAIMANA KURIKULUM PENDIDIKAN PRA SEKOLAH DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTU ATFAL PALEBON SEMARANG? 2). BAGAIMANA PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN PRA SEKOLAH DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTU ATFAL PALEBON SEMARANG? 3). FAKTOR-FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTUL ATFAL PALEBON SEMARANG?
Penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan kualitatif. Di mana hasil penelitian akan dijelaskan secara deskriptif dengan menggunakan analisis nonstatistik (analisis deskriptif), karena data yang diwujudkan dalam skripsi ini berbentuk laporan atau uraian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut: Observasi partisipan, yaitu peneliti ikut ambil bagian secara langsung dalam situasi yang diteliti. Metode ini digunakan untuk mengetahui kondisi dan situasi objek, sehingga memperoleh data yang valid. Selanjutnya menggunakan interview metode ini digunakan untuk meminta keterangan yang berkaitan dengan objek penelitian. Dan metode Observasi yaitu untuk memperoleh data tentang letak geografis dll. Setelah data terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data diwujudkan bukan dalam bentuk angka, melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif.
Setelah melakukan penelitian, maka diketahui bentuk pembelajaran pada lembaga pendidikan pra-sekolah terutama pada TK Harapan Bunda dan TK Raudlatul Athfal, dilakukan dengan berpedoman pada suatu program kegiatan yang telah disusun sehingga seluruh pembahasan dan kemampuan dasar yang ada pada anak dapat dikembangkan dengan sebaik-baiknya. Pendekatan pembelajaran pada anak TK memperhatikan beberapa prinsip, yakni Pertama, pembelajaran harus berorentasi pada perkembangan anak.
Kedua, Berorentasi pada kebutuhan anak Kegiatan pembelajaran pada anak senantiasa berorentasi kepada kebutuhan anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis (intelektual, bahasa, motorik dan sosio emosional). Ketiga, Bermain sambil belajar. Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada anak usia TK. Upaya-upaya pendidikan yang diberikan oleh pendidik dilakukan dalam situasi yang menyenangkan dengan menggunakan strategi, metode, materi/bahan dan media yang menarik serta mudah dikuti oleh anak. Keempat, Menggunakan pendekatan tematik. Kegiatan pembelajaran dirancang dengan menggunakan pendekatan tematik dan beranjak dari tema yang menarik minat anak.Kelima, Kreatif dan Inovatif. Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat dilakukan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, membangkitkan rasa ingintahu anak. Memotivasi anak untuk berfikir kritis dan menemukan hal-hal baru. Keenam, merancang suasana lingkungan kondusif. Lingkungan pembelajaran diciptakan sedemikian menarik dan menyenangkan sehingga anak selalu betah dalam lingkungan sekolah baik di dalam maupun diluar ruangan. Lingkungan fisik memperhatikan keamanan dan kenyaman anak dalam bermain. Selain itu pendidik harus peka terhadap karakteristik budaya masing-masing anak.
PELAKSANAAN KURIKULUM DI TK HARAPAN BUNDA DAN TK RAUDLATUL ATHFAL PADA DASARNYA DISESUAIKAN DENGAN KARAKTERISTIK SISWA TERSEBUT. DIANTARANYA MENGGUNAKAN; METODE BERCERITA, DENGAN TUJUAN MELATIH DAYA TANGKAP ANAK, MELATIH DAYA PIKIR, MELATIH DAYA KONSENTRASI, MEMBANTU PERKEMBANGAN IMAJINASI DAN MENCIPTAKAN SUASANA MENYENANGKAN DAN AKRAB DI DALAM KELAS.
METODE BERCAKAP-CAKAP MERUPAKAN SUATU CARA PENYAMPAIAN BAHAN MELALUI BERCAKAP-CAKAP DALAM BENTUK TANYA JAWAB ANTARA ANAK DENGAN GURU, ATAU ANAK DENGAN ANAK METODE TANYA JAWAB, DILAKSANAKAN DENGAN MEMBERIKAN PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG MERANGSANG ANAK UNTUK AKTIF BERPIKIR. METODE PEMBERIAN TUGAS, PEMBERIAN TUGAS MENGGAMBAR, MENYANYI, MENGUCAPKAN SYAIR DAN PRAKTIK LANGSUNG. PEMBERIAN TUGAS DILAKSANAKAN SECARA BERTAHAP DAN BERULANG-ULANG.
Keberhasilan maupun kegagalan sebuah program, umumnya dipengaruhi oleh factor intern dan ekstern. Kedua faktor tersebut dapat menjadi tolok ukur kemampuan para pelaku pendidikan, begitu pula dengan TK Harapan Bunda dan TK Raudlatul Athfal ini. Faktor internya adalah karena kurikulum yang diterapkan di TK Raudlotul Atfal ini lebih didominasi oleh pembelajaran dengan mata pelajaran keislaman. Sehingga para peserta didik meskipun berusia balita tetapi mereka sudah mampu menghafal bacaan-bacaan yang berhubungan dengan ibadah. Faktor ekternnya yaitu karena adanya pelaksanan pendidikan di luar kelas seperti di Perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan; Pra Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 08 Dec 2020 07:09
Last Modified: 03 Jul 2021 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics