Praktik bimbingan konseling belajar dalam persiapan ujian nasional : studi kasus di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal

Faidah, Nur (2017) Praktik bimbingan konseling belajar dalam persiapan ujian nasional : studi kasus di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Tesis_1251120168_Nur_Faidah]
Preview
Text (Tesis_1251120168_Nur_Faidah)
Tesis_1251120168_Nur_Faidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program bimbingan dan konseling dalam persiapan Ujian Nasional di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian lapangan bermaksud memelajari secara intensif tentang latar belakang, keadaan sekarang dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok, lembaga, dan masyarakat. Pendekatan kualitatif menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistic atau dengan cara yang lain dari kuantifikasi. Sumber data penelitian ini adalah guru BK, Kepala Sekolah, dan beberapa siswa yang mengikuti BK.
Penelitian ini difokuskan dalam mengkaji praktik bimbingan konseling dalam persiapan Ujian Nasional dan hasil dari bimbingan konseling di MTs NU 06 Sunan Abinawa Kendal yang meliputi (1) Menetapkan tujuan dan target harus lulus dengan hasil memuaskan, (2) Berdo’a dan meminta pertolongan kepada Allah, (3) Membuat skala prioritas dan jadwal belajar untuk persiapan ujian, (4) Membuat regu belajar, (5) Mengikuti pemantapan di sekolah atau bahkan tambahan les, (6) Latihan mengisi soal, (7) Tuliskan materi penting di tempat yang mudah dilihat, (8) Yakin pada diri sendiri bahwa ujian apapun itu mudah dan pasti berhasil, dan (9) Menjaga kesehatan. Focus yang selanjutnya yaitu efektifitas BK yang meliputi, (1) Aspek tugas dan fungsi suatu lembaga, (2) Aspek rencana dan program, (3) Aspek ketentuan atau aturan, dan (4) Aspek tujuan atau kondisi ideal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling; Ujian nasional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:16
Last Modified: 08 Dec 2020 05:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics