Pengaruh profitabilitas sistem bagi hasil terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Mega Syari’ah Semarang

Fatimah, Durrotul (2009) Pengaruh profitabilitas sistem bagi hasil terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Mega Syari’ah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_052411001_SKRIPSI_LENGKAP]
Preview
Text (NIM_052411001_SKRIPSI_LENGKAP)
2105001_skripsi lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyaknya bank yang menggunakan sistem bagi hasil, sekarang ini merupakan suatu fenomena aktual. Bank syari’ah merupakan lembaga yang mengerahkan dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk aktivitas pembiayaan yang berdasarkan dengan prinsip syari’ah.
Dari latar belakang tersebut timbul permasalahan yaitu bagaimanakah pengaruh profitabilitas sistem bagi hasil terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Mega Syari’ah Semarang?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan beberapa metode: Pertama, Metode pengumpulan data yaitu pertama, metode angket (kuesioner) yaitu pengumpul data berupa pertanyaan tertulis untuk memperoleh keterangan dari sejumlah responden. Kedua, metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, buku dan sebagainya, sedangkan yang ketiga, metode interview yaitu peneliti datang dan berhadapan langsung dengan responden. Kedua, metode analisis data yaitu dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode analisis deskriptif prosentase metode ini digunakan untuk mengkaji variabel yang ada pada penelitian, metode selanjutnya yaitu metode analisis regresi sederhana yaitu digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya antara profitabilitas sistem bagi hasil terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Mega Syari’ah Semarang.
Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa pertama, Secara simultan variabel profitabilitas sistem bagi hasil berpengaruh positif terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Mega Syari’ah Semarang, sebesar 55,00. Kedua, Secara koefisien determinan variabel profitabilitas sistem bagi hasil berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Mega Syari’ah Semarang, sebesar 0,487 atau 48,70%. Ketiga, Berdasarkan analisis deskriptif prosentase variabel profitabilitas sistem bagi hasil termasuk kriteria tinggi, dan variabel minat nasabah untuk berinvestasi termasuk kriteria sangat tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bagi hasil; Nasabah; Investasi; Bank Mega Syariah; Semarang
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 08 Dec 2020 14:40
Last Modified: 16 Jul 2021 13:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11918

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics