Analisis yurisprudensi tentang faktor-faktor meningkatnya gugatan cerai oleh perempuan : studi dokumentasi di Pengadilan Agama Semarang

Mawaddah, Siti Laili (2009) Analisis yurisprudensi tentang faktor-faktor meningkatnya gugatan cerai oleh perempuan : studi dokumentasi di Pengadilan Agama Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2105174_SKRIPSI_LENGKAP]
Preview
Text (NIM_2105174_SKRIPSI_LENGKAP)
2105174_skripsi lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Laili Mawaddah (NIM.2105174). Analisis Yurisprudensi Tentang Faktor-faktor Meningkatnya Gugatan Cerai Oleh Perempuan ( Studi Dokumentasi di Pengadilan Agama Semarang ). Skripsi. Semarang. Fakultas Syari’ah, jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah (Hukum Perdata Islam) IAIN Walisongo Semarang, 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gugatan cerai di Pengadilan Agama Semarang tahun 2006 sampai tahun 2008 dan faktor-faktor apa yang menyebabkan meningkatnya gugatan cerai oleh perempuan di Pengadilan Agama Semarang”.
Perceraian adalah perbuatan halal yang dibenci oleh Allah SWT. Perceraian merupakan perbuatan yang terakhir dalam menyelesaikan masalah keluarga yang tidak dapat didamaikan lagi. Perceraian dari pihak suami dinamakan cerai thalak, sedangkan perceraian dari pihak istri dinamakan cerai gugat.
Penelitian yang di gunakan penulis adalah penelitian dokumentasi yaitu penelitian yang meneliti dokumen kemudian di analisis. Untuk mendapatkan dokumen yang akan di teliti, peneliti melakukan penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang meneliti obyek di lapangan untuk mendapatkan data dan gambaran yang jelas dan konkrit tentang hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif bertujuan menggali atau membangun suatu proposisi atau menjelaskan makna di balik realita. Peneliti berpijak dari realita atau peristiwa yang berlangsung di lapangan. Untuk mengolah data yang diperoleh, dalam skripsi ini penulis menggunakan analisis non statistik, yaitu analisis deskriptif kualitatif, karena data yang diwujudkan dalam skripsi ini bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif. Penelitian yang dimaksud adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk memberikan gambaran yang lebih detail mengenai suatu gejala atau fenomena. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya gugatan cerai di Pengadilan Agama Semarang tahun 2006 sampai tahun 2008 adalah tidak ada keharmonisan, tidak ada tanggung jawab, ekonomi, gangguan pihak ketiga, cemburu, krisis akhlak, penganiayaan, politis, kawin paksa, dihukum, poligami tidak sehat, kawin dibawah umur, cacat biologis.
Sedangkan faktor-faktor meningkatnya gugatan cerai oleh perempuan di Pengadilan Agama Semarang antara lain faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor kemandirian, faktor sosial, faktor perbedaan kecenderungan, faktor pandangan hidup.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan pertimbangan bagi pasangan suami istri bahwa jika ada suatu permasalahan dalam rumah tangga agar permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan baik tanpa dengan jalan yang terakhir yaitu perceraian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis; Yurisprudensi; Cerai; Perempuan; Pengadilan Agama; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 08 Dec 2020 14:40
Last Modified: 08 Dec 2020 14:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11920

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics