Pengaruh Bimbingan Psikoreligius Terhadap Tingkat Kesembuhan Pasien Pecandu Narkoba (Studi Kasus di Yayasan Panti Pamardi Putra “Mandiri” Sendang Guwo, Tembalang, Semarang)

Murtopo, Ali (2007) Pengaruh Bimbingan Psikoreligius Terhadap Tingkat Kesembuhan Pasien Pecandu Narkoba (Studi Kasus di Yayasan Panti Pamardi Putra “Mandiri” Sendang Guwo, Tembalang, Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_4100066_Skripsi_Lengkap)
4100066_ALI MURTOPO_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (492kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Penyalahgunaan narkoba menimbulkan dampak antara lain, merusak hubungan kekeluargaan, menurunkan kemampuan belajar, ketidakmampuan untuk membedakan mana yang baik dan buruk, perubahan perilaku menjadi anti sosial, merosotnya produktivitas kerja, gangguan kesehatan, mempertinggi kecelakaan lalu lintas, kriminalitas, dan tindak kekerasan lainnya. Penelitian membuktikan bahwa para pecandu narkoba terdapat kekosongan spiritual. Kekuatan spiritual ini amat fundamental bagi seseorang agar kebal terhadap penyalahgunaan narkoba. Tipisnya iman di era sekarang (kemajuan teknologi), sering setiap orang membutuhkan rasa aman, tentram, terlindung, bebas dari stres, cemas, depresi, dan sejenisnya. Bagi mereka yang beragama (yang menghayati dan mengamalkan), kebutuhan rohani ini dapat diperoleh lewat penghayatan dan pengamalan agamanya, namun bagi mereka yang sekuler menempuh lewat penyalahgunaan narkoba, yang pada gilirannya dapat menimbulkan dampak negatif pada dirinya, keluarga dan masyarakat. Melihat demikian kompleknya persoalan tersebut, maka dalam penelitian ini, setidaknya menjadi suatu bentuk alternatif untuk mengatasi persoalan yang terjadi di tengah – tengah masyarakat kita. Adapun metode penelitian dalam penulisanm sekripsi ini terdiri dari: metode penelitian lapangan dengan menggunakan korelasi (hubungan sebab akibat), dimana peneliti ingin mengetahui dari beberapa variabel, yaitu variabel bebas (x) dan variabel terikat (y) dan kedua variabel ini mempunyai hubungan seba dan akibat. Artinya ada yang mempengaruhi dan dipengaruhi. Adapun variabel yang mempengaruhi adalah bimbingan psikoreligius, sedangkan yang dipengaruhi adalah tingkat kesembuhan pasien pecandu narkoba. Mengenai metode pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi. Dalam menganalisa data digunakan metode kuantitatif yakni dengan menggunakan teknik analisis product moment. Dari hasil penelitian yang berjudul Pengaruh Bimbingan Psikoreligius Terhadap Tingkat Kesembuhan Pasien Pecandu Narkoba di PPP "Mandiri" Sendang Guwo, Tembalang, Semarang. Menghasilkan dampak yang cukup baik, artinya pelaksanaan bimbingan psikoreligius mempunyai pengaruh terhadap kesembuhan pasien narkoba.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMuhaya, AbdulNIDN2018106201
UNSPECIFIEDMuhammad, HasyimNIDN2015037203
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Psikoreligius; Pasien; Narkoba
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 08 Dec 2020 22:05
Last Modified: 08 Dec 2020 22:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11921

Actions (login required)

View Item View Item