Tinjauan hukum Islam terhadap pasal 338 kuhp tentang delik pembunuhan sengaja

Syafarudin, Syafarudin (2007) Tinjauan hukum Islam terhadap pasal 338 kuhp tentang delik pembunuhan sengaja. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2100115_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2100115_Skripsi_Lengkap)
NIM_2100115_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang akan dipakai penyusun adalah studi dokumenter, yaitu mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, terutama berupa arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil atau hukum-hukum dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penyelidikan.
Dalam hukum pidana Islam tentang teori pemidanaan ini dapat diketahui dari tujuan dijatuhkannya pidana, dimana hal ini dapat dirumuskan dari tujuan masing-masing pidana dalam hukum pidana Islam yaitu tujuan hudud, qishas diyat dan ta’zir. Sedangkan dalam hukum pidana Indonesia teori pemidanaan ini dikenal 3 teori yaitu teori absolut, teori relatif dan teori gabungan.
Dari tujuan pemidanaan yang terdapat dalam hukum pidana Islam dan hukum pidana positif terdapat perbedaan yaitu pertama Hukum Pidana Islam secara pasti telah menjadikan qisas sebagai hukuman pembalasannya. Namun apabila hal tersebut tidak memungkinkan karena adanya suatu sebab ataupun keluarga korban memberikan maaf maka hukuman alternatifnya adalah dengan kafarat atau diyat sedangkan dalam hukum pidana positif tidak dikenal.
Kedua, teori relatif atau tujuan yang terdapat dalam hukum pidana Islam lebih tegas dibandingkan dalam hukum pidana positif. Ketiga, prinsip dasar pelaksanaan dari penjatuhan pidana dalam hukum pidana Islam merupakan wujud ketaatan seorang hamba kepada Khaliknya yang didasari keimanan, sedangkan dalam hukum pidana positif prinsip dasar pelaksanaan penjatuhan pidana karena semata-mata taat pada aturan yang dibuat manusia.
Baik dalam hukum pidana Islam dan hukum pidana positif tujuan dari dijatuhkannya pidana yaitu diharapkan dengan adanya hukuman tersebut dapat menyadarkan semua masyarakat untuk berbuat baik sehingga terpelihara ketentraman hidup dan kelangsungan hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: hukum islam;pembunuhan;sengaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 09 Dec 2020 03:02
Last Modified: 09 Dec 2020 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics