Penerapan Metode Audio Visual dalam meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Materi Surat al-Lahab Semester I Siswa Kelas IV MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011.

Suyanto, Suyanto (2012) Penerapan Metode Audio Visual dalam meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Materi Surat al-Lahab Semester I Siswa Kelas IV MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911244_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911244_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911244_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911244_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911244_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911244_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911244_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini antara lain : (1) Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV mata palajaran Al-Quran Hadits pada materi melafalkan surat al-Laahab melalui metode Audio Visual di MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal ?, (2) Tepatkah menggunaan metode Audio Visual pada mata pelajran Al-Quran Hadits materi melafakan surat al-Lahab di MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal ? (3) Bagaiamanakah penggunaan metode Audio Visual pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan surat al-Lahab ? Sedangkan penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran Al-Quran Hadits Pada materi melafalkan surat al-Lahab, (2) untuk mengetahui tepat tidaknya penggunaan metode Audio Visual pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan nsurat al-Lahab, (3) untuk mengetahui penggunaan metode Audio Visual pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan surat al-Lahab. Jenis peneitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), metode yang digunakan antara lain ; observasi, dokumentasi dan test. Subyek penelitian kelas IV MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal yang berjumlah 35 anak. Penelitian ini dirancang dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evauasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan keaktifan siswa melalui lembar kerja observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan peneliti adalah siswa yang mendapat nilai < 6,5 akan mencapai 85% dan keaktifan siswa akan mencapai 85% pada akhir peneitian. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan hasil belajar pada sikus I, siswa yang mendapat nilai > 6,5 ada 28% dan siswa yang mendapat nilai <6,5 ada 72%. Pada siklus II siswa yang mendapat > 6,5 ada 85% dan siswa yang mendapat nilai < 6,5 ada 15%. Sedangkan keaktifa siswa sikus I sebesar 65,71% dan siklus II sebesar 85,71% atau sudah mencapai indicator 85%. Pada siklus I, kerjasama siswa sebesar 65% dan pada siklus II sebesar 85%. Kinerja guru pada siklus I dengan skor 31 (baik) dan pada siklus II dengan skor 39 (baik). Kesimpulan peneitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan surat al-Lahab , serta meningkatkan keaktifan siswa. Dari hal diatas dapat penulis sarankan kepada guru AL-Quran Hadits agar dapat menggunakan metode Audio Visual sebagai salah satu alternative pembelajaran di kelas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Al-Quran Hadits; Metode Audio Visual; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:27
Last Modified: 24 Dec 2013 03:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item