Kondisi Sosio - Psiko - Religi Kaum Waria : Studi atas Perilaku Kaum Waria kota Semarang

Azkiyani, Umi (2007) Kondisi Sosio - Psiko - Religi Kaum Waria : Studi atas Perilaku Kaum Waria kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM4101123]
Preview
Text (NIM4101123)
4101123_UMI AZKIYANI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (851kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Umi Azkiyani (NIM: 4101123). Skripsi. 2007, “Kondisi Sosio – Psiko – Religi Kaum Waria : Studi atas Perilaku Kaum Waria Kota Semarang. Fakultas Ushuluddin Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Islam IAIN Walisongo Semarang.

Latar belakang penelitian ini ialah bahwa, kehadiran waria sebagai salah satu jenis kelamin ketiga masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Hal ini memicu adanya berbagai macam pandangan tentang waria. Semua itu mencerminkan betapa kompleksnya permasalahan waria ini. Gejala kewariaan yang selama ini dianggap sebagai gejala abnormalitas seksual, tentunya tidak dapat dipisahkan dari komponen-komponen sosial, psikologi dan religius dalam kehidupan mereka. Sehingga perlu dikaji bagaimana kondisi sebanarnya kaum waria di Semarang dan bagaimana pandangan Islam menanggapi hal itu.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kondisi sosio – psiko – religi kaum waria kota Semarang, dan 2) untuk mengetahui pandangan Islam mengenai kondisi sosio – psiko – religi kaum waria kota Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan, sehingga pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan interview. Setelah data terkumpul dilakukan analisis secara deskriptif dan interpretatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Kondisi sosial kaum waria di kota Semarang statusnya sangat memprihatinkan, mereka kurang diakui, termarjinalkan, dan tidak diberikan hak yang sejajar dengan masyarakat lain. Secara psikologis, mereka termasuk orang yang memiliki kelainan seksualitas, sehingga mereka selalu mengalami tekanan batin, kegelisahan, dan merasa minder karena dianggap sebagai orang yang terhina dan berdosa. Sedangkan secara religius mereka merasa kurang diberikan tempat. Sebab, al-Quran tidak pernah menyinggungnya dan banyak riwayat hadis yang melaknatnya, meskipun ada juga hadis yang membela kaum waria agar tidak dihina, dicaci, bahkan dibunuh. Padahal mereka sebenarnya percaya bahwa sebenarnya Allah menciptakan manusia tidaklah dibeda-bedakan satu sama lain, yang membedakan hanyalah amal perbuatannya. 2). Kondisi sosilogis, psikologis dan religius kaum waria dalam perspektif Islam, bisa dilihat dari dasar Al-Qur’an, hadis maupun pendapat ulama. Dalam Al-Qur’an tidak dijelaskan secara kongkrit mengenai kaum waria, bahkan gender dalam Al-Qur’an hanya laki-laki dan perempuan, namun waria adalah merupakan sebuah kasus yang diberikan keringanan hukum tersendiri. Di sisi lain, meskipun terdapat hadis yang melaknat bagi waria yang dengan sengaja bertingkah laku seperti perempuan, namun ada juga hadis yang melarang untuk menghina atau menganiaya, dan bahkan membunuh kaum waria. Nabi Muhammad Saw pun melindunginya selagi waria itu tetap melaksanakan ajaran agamanya dan beramal shalih, seperti halnya mau melaksanakan salat. Sehingga, Islam memandang bahwa derajat manusia itu ditentukan berdasarkan iman dan taqwanya kepada Allah Swt. Karena sifat kewariaan bermula dari pendidikan orang tua sejak anak masih kecil, maka peran orang tua inilah yang sangat menentukan dalam membentuk karakteristik dan mengantisipasi tumbuhnya sifat kewariaan itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sosio; Psiko; Religi; Waria
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 09 Dec 2020 23:24
Last Modified: 19 Jun 2021 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11970

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics