Peranan Panti Asuhan Dalam Meningkatkan Keberagamaan : Studi Kasus di Panti Asuhan al-Islah Kelurahan Bulusan Kecamatan Tembalang Semarang

LINGGOWATI, IRFINA (2007) Peranan Panti Asuhan Dalam Meningkatkan Keberagamaan : Studi Kasus di Panti Asuhan al-Islah Kelurahan Bulusan Kecamatan Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4102004]
Preview
Text (NIM_4102004)
4102004_IRFINA LINGGOWATI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (447kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI

Yayasan al-Ishlah adalah yayasan yang berlembaga pondok pesantren, panti asuhan, TK, SMP, dan MA al-Ishlah yang terletak di kelurahan Bulusan / Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang. Bangunan tersebut diperuntukkan guna memberikan wadah untuk anak-anak putus sekolah, yatim piatu, serta fakir miskin, di Panti Asuhan al-Ishlah, anak-anak panti dididik dan diberi pengarahan untuk menjalankan kehidupan yang agamis (Islam). Panti asuhan dalam menunjukkan perannya yang tidak hanya sebagai tempat untuk menampung tetapi juga berfungsi sebagai tempat mendidik khususnya yang ilmu agama, maka Yayasan al-Ishlah memiliki berbagai macam program pendidikan keagamaan yang diajarkan baik program fisik maupun non fisik (jangka pendek, menengah, jangka panjang) yang kesemuanya diperuntukkan bagi anak asuh di lembaga tersebut.
Aktivitas yang dilakukan anak asuh di panti asuhan telah mampu menunjukkan peran lembaga tersebut, terbukti kehidupan keberagaman anak-anak asuh di yayasan tersebut dalam kesehariannya selalu diwarnai dengan suasana islamiyah dan penuh keharmonisan dalam menjalankan ibadah. Sebagai hamba Allah sudah sepantasnya apabila yayasan tersebut menerapkan cara berkehidupan yang sesuai dengan syariat Islam. Ibadah itu adalah cerminan dari perilaku maupun tingkah laku seseorang terhadap sesama manusia. Anak-anak asuh di panti tersebut pada umumnya taat menjalankan ritual keagamaan (shalat, puasa, dzikir) kepada Allah SWT secara kontinu baik yang bersifat berjama'ah maupun sendiri.
Wacana tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang peranan panti asuhan dalam meningkatkan keberagamaan. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah Panti Asuhan al-Islah Kelurahan Bulusan Kecamatan Tembalang Semarang. Sedangkan permasalahan yang penulis kemukakan adalah; apa saja aktivitas yang dilakukan oleh Panti Asuhan Anak Yatim Piatu Al-Ishlah di Desa Bulusan Kecamatan Tembalang Semarang? Bagaimana peranan Panti Asuhan Al-Ishlah dalam meningkatkan keberagamaan anak asuh? Serta apakah peran Panti Asuhan telah sesuai dengan apa yang diharapkan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh Panti Asuhan Anak Yatim Piatu Al-Ishlah di Desa Bulusan Kecamatan Tembalang Semarang. Untuk mengetahui peranan Panti Asuhan Al-Ishlah dalam meningkatkan keberagamaan anak asuh. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, intervieu dan dokumentasi, sedangkan analisanya dengan analisis deskriptif-kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran beragama anak-anak asuh cukup baik meskipun masih ada yang belum melaksanakan karena dilihat dari sudut pandang usia yang masih banyak berusia di bawah umur sehingga masih perlu bimbingan secara berkesinambungan, untuk itulah peranan Yayasan al-Ishlah untuk terus ditingkatkan sebagai pondasi pembentukan jiwa anak yang beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Panti asuhan; Keberagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2020 00:18
Last Modified: 12 Jun 2021 01:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11972

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics