Pemikiran pendidikan Al-Ghazali dalam kitab ayyuha al-walad

Tamam, Badrut (2007) Pemikiran pendidikan Al-Ghazali dalam kitab ayyuha al-walad. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3100167_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3100167_Skripsi_Lengkap)
NIM_3100167_Skripsi_Lengkap.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemikiran pendidikan al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad, 2) Relevansi pemikiran pendidikan al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad dengan pendidikan kontemporer.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang didasarkan pada riset kepustakaan (library research). Artinya, mengumpulkan data yang diinginkan dan relevan dengan masalah yang dikaji, dengan menggunakan metode historis untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif, dengan cara mengumpulkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat tentang masalah yang dikaji. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode diskriptif yaitu dengan mendeskripsikan suatu gejala dan peristiwa yang terjadi sekarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesamaan kondisi sosial zaman al-Ghazali dengan kondisi sekarang. Pada masa al-Ghazali masyarakat Islam sudah cenderung kepada pola hidup materialistis. Status kemanusiaan sering diukur dengan hal-hal yang bersifat kebendaan (materi). Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan konstruksi sosial kemasyarakatan dewasa ini. Bahkan dalam batas-batas tertentu lebih parah.
Di sinilah nilai penting reorientasi pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Dalam buku ini, penulis menawarkan gagasan al-Ghazali untuk menemukan kembali ruh pendidikan itu. Pendek kata, penulis menampilkan pemikiran pendidikan al-Ghazali sebagai alternatif sistem pendidikan Islam di tengah masyarakat yang sedemikian pragmatis ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Filsafat; Filsafat Islam; Filsafat Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:05
Last Modified: 10 Dec 2020 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11975

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics