Kepemimpinan perempuan dalam pandangan Kyai NU di Kabupaten Demak

Munif, Nur Ali (2007) Kepemimpinan perempuan dalam pandangan Kyai NU di Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_210227_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_210227_Skripsi_Lengkap)
210227_Skripsi lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perempuan sebagai bagian dari makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari tampaknya masih mendapatkan perlakuan yang kurang adil. Dari sejarah tertulis hingga kini, permasalahan perempuan tidak pernah habis, bahkan semakin kompleks. Tidak sedikit mitos, baik kultur maupun struktur yang ’menyudutkan’ kaum perempuan. Sekalipun perempuan kini mempunyai peluang untuk tampil dan berekspresi lebih luas, namun pada dimensi-dimensi tertentu masih ditemukan batas dan problem non kodrati. Adanya idiom bahwa pembangunan hanya bisa diselesaikan dengan baik oleh kaum adam adalah salah satu contoh tak terbantahkan di masyarakat kita. Dampaknya, dalam dataran riil, pemberian kesempatan kepada perempuan untuk dapat lebih leluasa dalam menjalani kehidupannya sebagai makhluk sosial masih setengah hati.
Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui gagasan atau pendapat Kyai NU di Kabupaten Demak tentang kepemimpinan perempuan. Kedua, untuk mengetahui bagaimana kerangka pikir atau metode istimbat hukum mereka mengenai kepemimpinan perempuan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Dalam rangka pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan metode interview dan dokumentasi yang berkaitan dengan masalah.
Berdasarkan metode penelitian tersebut di atas, maka temuan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan perempuan menurut pandangan Kyai Nahdlatul Ulama’ (NU) di Kabupaten Demak diperbolehkan.
Pendapat yang mereka kemukakan tersebut, mengisyaratkan bahwa al Qur’an surat al Nisa’ 34 dan hadits yang diriwayatkan oleh Abi Bakrah yang oleh sebagian besar ulama’ dijadikan sebagai dasar pelarangan terhadap kepemimpinan perempuan perlu mendapatkan kajian ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemimpin; Perempuan; Kyai; NU; Kabupaten Demak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 206 Leaders and Organization
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.61 Islamic leaders
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:05
Last Modified: 10 Dec 2020 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11980

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics