Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga (Studi Pemikiran Hasan Langgulung)

Umam, Julal (2012) Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga (Studi Pemikiran Hasan Langgulung). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Julal_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Julal_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Julal_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Julal_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (135kB) | Preview

Abstract

Menurut Hasan Langgulung pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia pada dasarnya adalah usaha untuk untuk mengembangkan potensi yang dimiliki setiap individu sehingga dapat hidup secara optimal, baik sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari masyarakat, serta memiliki nilai – nilai moral dan sosial sebagai pedoman hidupnya. Dengan demikian pendidikan dipandang sebagai usaha sadar yang bertujuan dan usaha mendewasakan anak. Pembentukan keluarga dalam Islam adalah ”bermula dengan terciptanya hubungan suci yang terjalin antara laki-laki dan perempuan melalui perkawinan yang halal. Dalam hal pendidikan Islam, keluarga mempunyai fungsi dan pengaruh yang besar terhadap kehidupan anak serta pendidikannya. Fungsi tersebut menurut Hasan Langgulung adalah “beberapa proses sosialisasi (socialization), nasehat bimbingan, pengembangan penumbuhan bakat-bakat, kesediaan-kesediaan, minat dan sifat-sifat anggota-anggotanya yang diingini dan merubah potensi–potensi ini menjadi kenyataan, dari kesediaan menjadi pelaksanaan dan ekspoloitasi”. Dalam penelitian ini untuk memperoleh data penulis menggunakan metode studi pustaka kemudian mendeskripsikan dengan pendidikan Islam keluarga. Metode deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan-keadaan nyata yang ditujukan untuk menggambarkan sifat suatu keadaan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu dan hanya mengukur apa adanya. Dengan metode deskriptif, seluruh data tentang Konsep pendidikan Islam dalam keluarga pemikiran Hasan Langgulung dianalisis dan digambarkan dalam keluarga dengan bentuk paparan apa adanya. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah pemikiran pendidikan Islam Hasan Langgulung dalam keluarga yang meliputi aspek-aspek pendidikan Islam jasmani dan rohani yang meliputi : aqidah, syari‟ah, akhlak, pendidikan jasmani dan kesehatan, pendidikan akal (intelektual), pendidikan emosi dan psikologikal, pendidikan agama, pendidikan sosial. Hasil penelitian pemikiran Hasan Langgulung Hasan Langgulung menyimpulkan bahwa pendidikan Islam adalah suatu proses spiritual, akhlak, intelektual, dan sosial yang berusaha membimbing manusia dan memberinya nilai-nilai dan prinsip serta telada ideal dalam kehidupan dunia akhirat. Selain itu menekankan pendidikan sebagai alat pengembangan potensi, pewarisan budaya dan sebagai interaksi antara potensi dan budaya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Keluarga; Islamic Education; Family
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Oct 2013 09:39
Last Modified: 16 Oct 2013 09:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item