Dinamika Psikologi Pengembangan Bakat dan Minat Anak Remaja Cacat Ganda (Cacat Fisik dan Psikis) Usia 15-18 Tahun: Studi Analisis di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang

Istafa, Nana (2008) Dinamika Psikologi Pengembangan Bakat dan Minat Anak Remaja Cacat Ganda (Cacat Fisik dan Psikis) Usia 15-18 Tahun: Studi Analisis di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_4103044_Skripsi Lengkap)
4103044_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (961kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Dinamika Psikologi Pengembangan Bakat dan Minat Anak Remaja Cacat Ganda (Cacat Fisik dan Psikis) Usia 15-18 Tahun (Studi Analisis di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang)” dilatarbelakangi oleh adanya ketrampilan dan seni yang bersifat untuk menggali bakat dan minat anak-anak cacat di YPAC Semarang. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang, dinamika psikologi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang, dan faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode pengumpulan data observasi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang dinamika psikologi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang, dan faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang, kemudian metode wawancara yang ditujukan pada anak remaja cacat ganda dan para pengajar dan kepala sekolah yang ada di YPAC Semarang, dan yang terakhir adalah metode dokumentasi yang digunakan untuk mendapatkan data tambahan yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif, yakni suatu analisis penelitian yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat aktual secara sistematis dan akurat. Hasil analisis penelitian ini, mengindikasikan bahwasanya proses pengembangan bakat dan minat anak remaja di YPAC Semarang dimulai dengan mengetahui terlebih dahulu jenis kecacatannya, tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh anak-anak tersebut dan bakat dan minat anak didik. Setelah diketahui jenis kecacatan, tingkat kecerdasan, dan bakat dan minatnya, maka anak didik diarahkan oleh pengajarnya untuk fokus terhadap keterampilan yang sesuai dengan siswa didik. Selanjutnya, para pengajar di YPAC Semarang melatih anak didik tersebut sesuai dengan bakat dan minat yang digemarinya sampai anak didik tersebut benar-benar menguasainya. Dinamika psikologi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC ini, terkadang siswa merasa malas untuk melakukan kegiatan, mungkin karena mereka mempunyai masalah atau karena bosan. Ini bisa jadi penghambat demi pengembangan bakat dan minat siswa. Apalagi anak remaja, pada masa ini masa peralihan atau masa transisi sehingga perlu perhatian khusus dari pihak guru untuk memperhatikan anak didiknya. Demi tercapainya ini semua, guru dan siswa harus sejalan. Faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat anak remaja cacat ganda di YPAC Semarang bisa dibagi menjadi 4, yaitu faktor fisik, faktor psikis, faktor pengajaran guru dan faktor dorongan dari orang tua.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorAhmad, SuriadiUNSPECIFIED
Thesis advisorYusriyah, YusriyahNIDN2002036402
Uncontrolled Keywords: Difabilitas; Cacat Ganda; Perkembangan Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:21
Last Modified: 10 Dec 2020 05:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12007

Actions (login required)

View Item View Item