Upaya Peningkatan Pembelajaran Tematik Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Strategi Small Group Discussion Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Materi Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela Kelas III MI NU Pidodowetan Patebon Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011

Mustaghfiroh, Mustaghfiroh (2012) Upaya Peningkatan Pembelajaran Tematik Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Strategi Small Group Discussion Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Materi Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela Kelas III MI NU Pidodowetan Patebon Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911246_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911246_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911246_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911246_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911246_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911246_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911246_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penguasaan materi PAI aspek kognitif Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) penguasaan materi PAI Aspek kognitif siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, 2) Perilaku Keagamaan kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, 3) pengaruh penguasaan materi PAI aspek kognitif Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 169 siswa diambil dari 55% jumlah populasinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis untuk memperoleh data variabel X yaitu penguasaan materi PAI aspek kognitif dan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel Y yaitu perilaku keagamaan siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penguasaan materi PAI aspek kognitif siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2011/2012 dalam kategori Sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 85,56 yaitu terdapat antara interval 82-89. 2. Perilaku keagamaan siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2011/2012 dalam kategori Sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 69,92 yaitu terdapat antara interval 66-72. 3. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penguasaan materi PAI aspek kognitif terhadap perilaku keagamaan. Berdasarkan pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari r observasi adalah 0,257 berada di atas r product moment batas penolakan 5% sebesar 0,210 dengan kata lain 0,257>0,210. Sedangkan untuk F regresi adalah 11,0619 berada di atas F tabel baik pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,91 maupun 1% sebesar 6,81. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru dan calon guru khususnya guru mata pelajaran PAI dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan memberikan motivasi kepada siswa untuk mengaplikasikan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Tematik; Contextual Teaching and Learning (CTL); Small Group Discussion; Akidah Akhlak; Strategi Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:28
Last Modified: 24 Dec 2013 03:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item