Pengobatan Chi Kung Terhadap Penderita Vertigo: Studi Analisis di Pondok Pesantren Jam’iyah Dikir Asmaul Husna wa Tahfidzul Qur’an “Al Manshuriyah” Sawah Besar Gayamsari Semarang

Rohmad, Rohmad (2008) Pengobatan Chi Kung Terhadap Penderita Vertigo: Studi Analisis di Pondok Pesantren Jam’iyah Dikir Asmaul Husna wa Tahfidzul Qur’an “Al Manshuriyah” Sawah Besar Gayamsari Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4103052_Skripsi Lengkap]
Preview
Text (NIM_4103052_Skripsi Lengkap)
4103052_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengobatan Chi Kung Terhadap Penderita Vertigo Studi Analisis di Pondok Pesanten Jam’iyah Dzikir Asmaul Husna Wa Tahfidzul Qur’an “Al Manshuriyah” Sawah Besar Gayamsari Semarang”, dilatarbelakangi oleh adanya pengobatan dengan penyaluran energi panas bagi penderita Vertigo di Pondok Pesanten Jam’iyah Dzikir Asmaul Husna Wa Tahfidzul Qur’an “Al Manshuriyah” Sawah Besar Gayamsari semarang. Pembahasan penelitian ini difokuskan pada Satu permasalahan, Yaitu, apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pengobatan Chi Kung terhadap penderita vertigo di Pondok Pesantren Jam’iyah Dzikir Asmaul Husna Wa Tahfidzul Qur’an Sawah Besar Gayamsari Semarang Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode pengumpulan data observasi, Intervew dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif, yakni suatu analisa penelitian yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat.
Metode pengobatan Chi Kung terhadap penderita Vertigo yang dilakukan di Pondok Pesantren Jam’iyah Dzikir Asmaul Husna Wa Tahfidzul Qur’an Al Manshuriyah Kelurahan Sawah Besar Gayamsari Semarang merupakan satu rangkaian yang dilaksanakan secara intensif. Di mana metode pengobatan ini melalui pemanfaatan energi yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia, yaitu melalui penyaluran energi panas (Chi Kung), terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahapan persiapan, tahapan pengobatan, tahapan paska pengobatan. Adapun faktor pendukung pengobatan Chi Kung terhadap penderita vertigo di Pondok Pesantren ini adalah memiliki kepercayaan yang besar terhadap kemampuan penerapi. Dari kepercayaan yang tinggi ini, pasien datang secara berulang-kali dan anjuran- anjuran yang diberikan oleh penerapi dijalankan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat pengobatan adalah bila pasien mengkonsumsi makanan yang bersifat asam, pasien yang kekurangan karbohidrat, pasien yang sulit makan, karena bila kekurangan karbohidrat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang bersifat asam maka dapat meningkatkan asam lambung, meningkatnya asam lambung menyebabkan Vertigo.
Secara umum pengobatan Chi Kung bertujuan meningkatkan kesehatan seseorang dan mengeksploitasi diri sebagai makhluk yang menghambakan diri kepada Allah SWT, mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah kepada mahluknya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menambah wawasan dalam bidang keilmuan psikoterapi dan juga diharapkan bisa bermanfaat khususnya bagi penulis dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Vertigo; Chi Kung; Pengobatan Tradisional
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 615 Pharmacology and theraputics
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:47
Last Modified: 19 Jun 2021 02:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12023

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics