Analisa Problematika Da’i dalam novel “Setitik kabut Selaksa Cinta” karya Izzatul Jannah.

Masruroh, Masruroh Analisa Problematika Da’i dalam novel “Setitik kabut Selaksa Cinta” karya Izzatul Jannah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1100043.pdf]
Preview
Text
NIM1100043.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui problematika da’iyah yang ada dan pesan-pesan dakwah dalam novel “Setitik Kabut Selaksa Cinta”. Penulis menggunakan teknik Analisis data indeksikalitas. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan analisis wacana teun Van Dijk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika da’iyah dalam novel “Setitik Kabut Selaksa Cinta” adalah problem keluarga yang dihadapi oleh seorang da’iyah. Baik itu problem keluarga, problem dengan suami, problem dengan teman-temannya dan problem gejolak jiwa.
Dalam novel “Setitik Kabut Selaksa Cinta” karya Izzatul Jannah memiliki pesan dakwah di dalamnya. Hal ini dapat dilihat dalam tiga bidang kategori dakwah yaitu akidah, syariah dan akhlak.
Dalam bidang akidah materi yang termuat menampilkan aplikasi dari rukun iman yang pertama yaitu iman kepada Allah. Pesan dakwah yang terkait dengan rukun iman yang pertama yang terdapat dalam novel “Setitik Kabut Selaksa Cinta” berupa ajakan untuk berserah diri kepada Allah dan percaya kepada kekuasaanNya.
Dalam bidang syari’ah beberapa pesan yang termuat menampilkan aplikasi dari ibadah dan muamalah dalam kehidupan sehari-hari, pesan ibadah yang termuat dalam novel “Setitik Kabut Selaksa Cinta” merupakan bagian ibadah yang utama yaitu menjalankan solat, sedangkan muatan muamalah yang terdapat dalam novel “Setitik Kabut Selaksa Cinta” yaitu pentingnya seseorang menikah secara sah.
Dalam bidang akhlak, pesan yang termuat didalamnya kasih sayang kepada keluarga dan setia kepada suami itulah yang termuat dalam novel “Setitik kabut Selaksa Cinta”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:56
Last Modified: 10 Dec 2020 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics