Kalender hijri syamsi Ahmadiyah

Bashori, Tri Hasan (2017) Kalender hijri syamsi Ahmadiyah. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Tesis_1500028016_Tri_Hasan_Bashori]
Preview
Text (Tesis_1500028016_Tri_Hasan_Bashori)
Tesis_1500028016_Tri_Hasan_Bashori.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ahmadiyah sebagai sebuah gerakan keagamaan Islam yang lahir di India memiliki berbagai perbedaan dalam beberapa aspek dengan mayoritas umat Islam sehingga dianggap sebagai aliran yang menyimpang. Salah satu aspek yang berbeda adalah penggunaan kalender. Hal yang menarik dari organisasi ini adalah adanya kalender Hijri Syamsi yang digunakan dalam keseharian selain kalender Hijriah dan Gregorian yang masyhur di dunia Islam. Studi ini bermaksud untuk menjawab masalah: (1) Bagaimana sistem kalender Hijri Syamsi yang digunakan oleh jema’at Ahmadiyah?( 2) Mengapa sistem kalender Hijri Syamsi dijadikan acuan oleh jema’at Ahmadiyah? Pembahasan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilakukan oleh Jemaat Ahmadiyah Indonesia cabang Semarang. Data diperoleh melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan aritmatik dan pendekatan sosio-historis dengan analisis deskriptif-ekplanatif yang terfokus pada pembahasan mengenai kalender Hijri Syamsi.
Kajian ini menunjukkan bahwa (1) kalender Hijri Syamsi merupakan gabungan antara kalender Gregorian dan Hijriah. Perbedaannya dengan kalender Gregorian terdapat pada acuan permulaan tahun kedua kalender sehingga akan berbeda dalam penetapan tahun Kabisat dan Basithahnya. Untuk mengetahui tahun Kabisat dan Basithah perlu adanya penambahan sebanyak 621 tahun untuk menyesuaikan dengan ketetapan dalam kalender Gregorian. Sedangkan perbedaan dengan kalender Hijriah terletak pada acuan sistem kalender yang digunakan yang mengakibatkan tahun kalender Hijri Syamsi tertinggal dengan tahun kalender Hijriah. (2) Penggunaan kalender Hijri Syamsi disebabkan oleh faktor doktin keagamaan yang dianut oleh Ahmadiyah, faktor sikap terhadap sejarah nabi Muhammad, dan faktor ketaatan terhadap khalifah. Penggunaan kalender tersebut menyebabkan bertambah perbedaan dengan mayoritas umat Islam, bertambah wawasan sejarah Islam, dan persatuan antar jema’at Ahmadiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kalender Hijriah; Kalender Syamsiyah; Ahmadiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 529 Chronology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 50102 - Ilmu Falak (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Dec 2020 08:15
Last Modified: 10 Dec 2020 08:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12039

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics