Dampak Psikologi Metode Cerita Dalam Pendidikan Agama Islam Di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal

Januar, Ahmad (2009) Dampak Psikologi Metode Cerita Dalam Pendidikan Agama Islam Di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3103212.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ahmad Januar (NIM: 3103212). “Dampak Psikologi Metode Cerita Dalam Pendidikan Agama Islam Di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal”. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo 2008. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. 2) Mengetahui dampak psikologis siswa dengan Bagaimana penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal Penelitian ini tergolong sebagai penelitian penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang berarti bukan berupa angka-angka, data diperoleh melalui wawancara yang ditujukan pada guru TK Muslimat NU Krajan Kulon Kaliwungu Kendal dalam pembelajran PAI dengan menggunakan metode cerita, observasi untuk memperoleh data dengan mengamati secara langsung proses pembelajaran PAI dengan menggunakan metode cerita yang dilakukan di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan Taman Kanak-Kanak Muslimat NU Krajan Kulon Kaliwungu. setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif, dalam hal ini analisis digunakan untuk menganalisis pelaksanaan metode cerita dan dampak psikologisnya pada siswa di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal dilakukan dengan melakukan persiapan dengan tujuan agar metode cerita yang disampaikan dapat diterima oleh siswa, selanjutnya proses yang dilakukan ialah dengan melakukan penyampaian materi cerita dan yang terakhir dengan memberikan pancingan pertanyaan sehingga nanti diketahui seberapa besar pemahaman siswa. 2) Dampak psikologis siswa yang diterima siswa dengan penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal adalah adanya motivasi dan pengarahan dari kegiatan yang dilakukan, terjadi perubahan tingkah laku yang sesuai dengan norma-norma agama atau norma-norma masyarakat yang diketahuinya dari cerita. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Psikologi; Dampak cerita; Pendidikan Agama Islam; Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Dec 2020 04:00
Last Modified: 14 Dec 2020 04:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12057

Actions (login required)

View Item View Item