Implementasi proses pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kompetensi di SMA : studi kasus pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan tahun 2006/2007

Afief, Mohammad (2007) Implementasi proses pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis kompetensi di SMA : studi kasus pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan tahun 2006/2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_NIM_3100226]
Preview
Other (SKRIPSI_NIM_3100226)
fullpdf.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study). Adapun metode
pengumpulan datanya menggunakan interview, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dg
menggunakan pendekatan induktif.
Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kesiapan sekolah dan guru dalam
melaksanakan kurikulum tingkat satuan pendidikan sangat berpengaruh terhadap
proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun kesiapan sekolah dan guru
dalam kaitannya dengan penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan dapat dilihat
antara lain: adanya gambaran dan perencanaan kurikulum yang jelas dan terinci yang
dimiliki oleh pihak sekolah. Model kurikulum tersebut setidaknya memuat: latar
belakang, visi dan misi, sasaran program, keadaan dan potensi sekolah sampai
tersusunnya muatan kurikulum itu sendiri yang berisi bahan atau materi ajar hingga
sistem evaluasinya.
Sedangkan kesiapan guru dapat dilihat dari adanya penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), mempunyai pemahaman yang komprehensif
terhadap kurikulum tersebut dan mampu melaksanakannya di lapangan. Sementara
itu hasil penelitian sementara ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan
agama Islam di SMA Negeri 1 Pekalongan dengan penerapan kurikulum tingkat
satuan pendidikan (KTSP) belum semuanya sesuai dengan petunjuk pelaksanaan
kurikulum tersebut. Di samping sekolah belum selesai membuat rancangan
kurikulum yang terprogram yang terperinci, pelaksanaan pembelajarannya pun tidak
semuanya mengalami perubahan. Perencanaan pembelajaran, metode pembelajaran
dan sistem evaluasi yang digunakan merupakan beberapa komponen yang
mengalami perubahan.
Di sini yang perlu digaris bawahi adalah bahwa dengan diberlakukannya
KTPS ini harus terjadi sinkronisasi dari beberapa komponen pendidikan. Tersedianya
sarana dan prasarana yang mendukung hingga adanya pemahaman dan persepsi yang
sama terhadap kurikulum ini akan menjadikan pembelajaran PAI menjadi efektif dan
mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pendidkan Agama Islam (PAI); Proses pembelajaran; Berbasis kompetensi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 23 Mar 2021 01:46
Last Modified: 23 Mar 2021 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12059

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics