Penerapan Metode Demontrasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Materi Surat al-Alaq Semester II Siswa Kelas V MI Sarirejo Kaliwungu Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011

Sumardi, Sumardi (2012) Penerapan Metode Demontrasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Materi Surat al-Alaq Semester II Siswa Kelas V MI Sarirejo Kaliwungu Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911248_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911248_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911248_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911248_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911248_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911248_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911248_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini antara lain : (1) Bagaimanakah penggunaan metode demontrasi pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi pokok melafalkan surat al-alaq ?, (2) Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V mata palajaran Al-Quran Hadits pada materi melafalkan surat al-alaq melalui metode demontrasi di MI Sarirejo Kaliwungu Kendal ? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Penggunaan metode demontrasi pada mata pelajaran Al-Quran nHadits materi melafalkan surat al-alaq, (2) upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran Al-Quran Hadits Pada materi melafalkan surat al-alaq Jenis peneitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), metode yang digunakan antara lain ; observasi, dokumentasi dan test. Subyek penelitian kelas SV MI Sarirejo Kaliungu Kendal yang berjumlah 26 anak. Penelitian ini dirancang dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evauasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan keaktifan siswa melalui lembar kerja observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan peneliti adalah siswa yang mendapat nilai < 6,5 akan mencapai 85% dan keaktifan siswa akan mencapai 85% pada akhir peneitian. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan hasil belajar pada sikus I, siswa yang mendapat nilai > 6,5 ada 28% dan siswa yang mendapat nilai < 6,5 ada 72%. Pada siklus II siswa yang mendapat > 6,5 ada 85% dan siswa yang mendapat nilai < 6,5 ada 15%. Sedangkan keaktifa siswa sikus I sebesar 65,71% dan siklus II sebesar 85,71% atau sudah mencapai indicator 85%. Pada siklus I, kerjasama siswa sebesar 65% dan pada siklus II sebesar 85%. Kinerja guru pada siklus I dengan skor 31 (baik) dan pada siklus II dengan skor 39 (baik). Simpulan peneitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan surat al-alaq , serta meningkatkan keaktifan siswa. Dari hal diatas dapat penulis sarankan kepada guru AL-Quran Hadits agar dapat menggunakan metode demontrasi sebagai salah satu alternative pembelajaran di kelas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Al-Quran Hadits; Metode Demonstrasi; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:29
Last Modified: 24 Dec 2013 03:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item