Komparasi prestasi belajar mahasiswa yang sudah berkeluarga dan yang belum berkeluarga : studi pada mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Kendal

Nursaid, Umar (2018) Komparasi prestasi belajar mahasiswa yang sudah berkeluarga dan yang belum berkeluarga : studi pada mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Kendal. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Tesis_1400018045_Umar_Nursaid]
Preview
Text (Tesis_1400018045_Umar_Nursaid)
Tesis_1400018045_Umar_Nursaid.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena mahasiswa yang sudah berkeluarga dan tetap melanjutkan kuliah di perguruan tinggi bukanlah hal yang baru di dunia perkuliahan, termasuk di Fakultas tarbiyah Sekolah Tinggi Islam Kendal. Tugas dan tanggung jawab sebagai mahasiswa saja sudah terbilang cukup berat, ditambah lagi dengan tugas dan tanggung jawab sebagai suami/ istri di keluarganya, tentu beban yang harus ditanggung lebih besar jika dibandingkan mahasiswa yang belum berkeluarga.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar mahasiswa yang sudah berkeluarga dan yang belum berkeluarga, serta mengetahui seberapa besar perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang sudah berkeluarga dan yang belum berkeluarga.
Penelitian ini merupakan penenlitian kuantitatif dengan pendekatan komparasi yakni membandingkan antar variabel, dengan subyek penelitian mahasiswa Fakultas tarbiyah Sekolah Tinggi Islam kendal. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa yang sudah berkeluarga adalah 2,98. Sedangkan mahasiswa yang belum berkeluarga memperoleh nilai rata-rata 3,32. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus t test menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (1,667>2.030).
ABSTRACT:
Married college students' phenomenon is not something new newadays such as in education faculty of Sekolah Tinggi Islam Kendal. The due and responsibilities as a student for married student is not an easy than unmarried. This observation aimed to know how strong the differenciation of the achievement studies between married and unmarried students.
This research used quantitative study with comparation approache which is compare the variables, students of educational faculty in Sekolah Tinggi Islam Kendal. Data collection used questionnaire, interview, and documentation.
The result of the result showed that the achievements of married students is 127,15. Meanwhile,the unmarried students got 125,45. The result from T-test showed that t-counting result is bigger than t-table (0,661)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Mahasiswa; Menikah; Sekolah Tinggi Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:11
Last Modified: 19 Jan 2021 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12071

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics