Pola pemikiran tasawuf M. Amin Syukur dalam program seni menata hati membentuk pribadi terpuji di TVKU tahun 2007 – 2013

Uyun, Vika Fitrotul (2018) Pola pemikiran tasawuf M. Amin Syukur dalam program seni menata hati membentuk pribadi terpuji di TVKU tahun 2007 – 2013. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Tesis_1400018050_Vika_Fitrotul_Uyun]
Preview
Text (Tesis_1400018050_Vika_Fitrotul_Uyun)
Vika Fitrotul Uyun___1400018050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kehadiran program “Seni Menata Hati Membentuk Pribadi Terpuji” di TVKU adalah salah satu kajian teknologi informasi dalam komunikasi yang ikut berperan aktif dalam menyemarakkan kajian tasawuf sebagaimana yang dilakukan oleh TVKU dengan program Seni Menata Hati Membentuk Pribadi Terpuji.
Penelitian ini menjawab (1) pola pemikiran tasawuf M. Amin Syukur dalam Program Seni Menata Hati Membentuk Pribadi Terpuji, (2) Relevansi pemikiran M. Amin Syukur dalam masyarakat modern. Kemudian data yang digali dengan pengamatan (mengamati Video file di TVKU), dokumentasi, dan wawancara sehingga bisa saling melengkapi. Unit analisinya adalah isi dan metode deskriptif analitis sebagai alat untuk melakukan pemahaman dan pemaknaan terhadap informasi yang diperoleh dari data sebelumnya. Sumber data utama menggunakan kumpulan video hasil rekaman program Seni Menata Hati Membentuk Pribadi Terpuji.
Dari materi ceramah yang disampaikan oleh Prof. Amin Syukur dalam Program “Seni Menata Hati Membentuk Pribadi terpuji” pola pemikiran Prof. Amin merupakan pola keagamaan yang berbasis Kasyf, dimana pola keagamaan ini sering digunakan oleh para Sufi. Menurut para sufi, manusia itu memiliki dua mata yang dapat melihat kebenaran. Mata pertama adalah mata lahir yang berupa panca indra dan kedua adalah mata batin yang mengakses alam malakut. Masing-masing mata memiliki matahari dan cahayanya sekaligus yang menyebabkan masing-masing mata tersebut dapat melihat (memperoleh pengetahuan).
Kemudian Pola pemikiran tasawuf M. Amin Syukur dalam kehidupan modern ini sangat relevan, dalam rangka mengatasi kesusahan hidup manusia berupa penyakit-penyakit psikologi dan perasaan tidak dapat dekat dan selalu ingat kepada Allah.
Isi pesan materi yang ditemukan dalam program Seni Menata Hati Membentuk Pribadi Terpuji tersebut adalah nasehat kreatif perspektif tasawuf atas problem kehidupan manusia. Bentuk penyajian : ceramah dan dialog yang dipandu oleh pembawa acara. Setting ruangan tempat ngobrol dan majlis penyajian semua acara tersebut ditayangkan secara live, ada dialog melalui line thelepon dan secara langsung. Dengan model dialog pesan bisa diidentifikasi sampai pada audiens.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pola pemikiran tasawuf M. Amin syukur merupakan ajaran yang mengarah pada kemurnian keimanan seseorang untuk berangkat menuju pendekatan pada Allah mulai dari aspek hubungan manusia dengan Allah secara langsung hingga hubungan manusia dengan manusia yang bahkan kepada lingkungan sekitarnya.

ABSTRACT:

The presence of the program "The Art of Organizing the Hearts Forming a Praised Person" in TVKU is one of the study of information technology in communion which participate actively in the study of tasawuf study as conducted by TVKU with the program of Art of Setting the Heart Forming the Praised Person.
This study answers (1) the pattern of Sufism thought of M. Amin Gratitude in the Art Program Arranging the Hearts to Form a Praised Person, (2) Relevance the thoughts of M. Amin Gratitude in modern society. Then the data in dig with observation, documentation, and interview so that can complement each other. The unit of analysis is the content and model of message presentation. The main data source uses a collection of video recording program of the refined Setting the Heart forming a Praised Person.
Sufism in modern life is very relevant, in order to overcome the difficulties of human life in the form of psychological diseases and feelings can not be close and always remember to God.
The contents of the message compiled in the program Art of Setting the Heart to Form a Praised Person is a creative perspective of tasawuf perspective on the problems of human life. Presentation form: lecture and dialogue. The setting of the chat room and the presentation assemblies of all events are live, there is a dialogue through the thread line and directly. With the message dialogue model can be identified up to the audience and the choice of material as expected.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tasawuf; M. Amin Syukur; Seni Menata hati; Program televisi; Sufisme
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:25
Last Modified: 19 Jan 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics