Peran dan kedudukan Kaʿab al-Aḥbār terhadap masuknya tradisi Yahudi dalam Islam

Anwar, Khoirul (2018) Peran dan kedudukan Kaʿab al-Aḥbār terhadap masuknya tradisi Yahudi dalam Islam. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_1600018015_Khoirul_Anwar]
Preview
Text (TESIS_1600018015_Khoirul_Anwar)
TESIS_1600018015_Khoirul_Anwar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peradaban Islam salah satunya dibentuk melalui tradisi Yahudi yang masuk ke dalam Islam. Tradisi dalam arti ilmu pengetahuan yang diwarisi dari generasi masa lalu, baik yang datang dari luar maupun dalam atau disebut turas merembas ke dalam Islam pada periode pertama melalui Ka‘b al-Ahbar berupa kisah-kisah Bangsa Israel dan umat terdahulu atau disebut isra’iliyyat dalam ilmu tafsir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terjadinya transformasi tradisi Yahudi dari yang semula hanya berkembang di kalangan orang-orang Yahudi Yaman lalu masuk dan berkembang di dalam Islam dengan mengkaji sosok Ka‘b al-Ahbar melalui pendekatan sosio historis interpretatif. Proses transformasi terjadi karena ada aktor yang bernama Ka‘b al Ahbar yang berperan sebagai informan atau orang yang meriwayatkan turas Yahudi melalui obrolan, dialog dan halaqah yang dilakukannya ketika berjumpa dengan para sahabat Nabi Muhammad sejak masa pemerintahan Islam dipimpin ‘Umar bin Khatt ab. Informasi dari Ka‘b diterima oleh para sahabat karena selain al-Quran membicarakan tentang kisah-kisah pada masa lalu, masyarakat Arab secara umum juga menggemari kisah-kisah tersebut. Peran Ka‘b al-Ahbar dalam mentransformasi tradisi Yahudi ini mendapatkan respon positif di kalangan para sarjana muslim periode klasik dan pertengahan. Ka‘b dipandang sebagai seorang muslim yang saleh dan riwayat-riwayat yang disampaikannya dapat dipercaya (as-siqat). Sedangkan di kalangan para sarjana modern yang secara konteks sosial sedang menghadapi kejumudan di dalam tubuh umat Islam di satu sisi, dan merespon gerakan zionis Israel di sisi lain melihat Ka‘b sebagai seorang Yahudi yang berhasil menipu umat Islam awal. Ka‘b di hadapan para sarjana modern tidak lebih dari Yahudi penyusup yang merusak Islam dari dalam. Karena itu riwayat-riwayat yang datang dari Ka‘b yang berisi kisah-kisah Bangsa Israel dan informasi tentang keyahudian lainnya tidak bisa diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Yahudi; Israiliyat; Ka'abal-Ahbar; Studi hadis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Jan 2021 02:50
Last Modified: 21 Jan 2021 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12079

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics