Analisis framing pemberitaan penodaan agama kasus Ahok di Jakarta pada media Islam online republika.co.id dan nu.or.id

Fitri, Fitri (2018) Analisis framing pemberitaan penodaan agama kasus Ahok di Jakarta pada media Islam online republika.co.id dan nu.or.id. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_1500048003_FITRI]
Preview
Text (TESIS_1500048003_FITRI)
TESIS_1500048003_FITRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Laporan peristiwa yang tersaji pada media merupakan hasil konstruksi realitas atas suatu kejadian. Media menyusun realitas
dari berbagai peristiwa yang terjadi hingga menjadi cerita atau
wacana yang bermakna. Framing pemberitaan oleh media Islam online terhadap kasus penodaan agama yang dilakukan Ahok di Jakarta menarik untuk dikaji. Praktik pengemasan berita yang sarat akan wacana, mensinyalir media mengkonstruksi pesan bahwa isu-isu ada pada agenda publik. Selain media online digemari oleh masyarakat,wacana yang telah terbentuk dalam media mempunyai dampak yang sangat penting dalam proses berkembangnya ideologi yang ada pada masyarakat. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konstruksi pesan penodaan agama kasus Ahok di Jakarta pada media online Republika.co.id dan Nu.or.id ? (2) Bagaimana kecenderungan media Republika.co.id dan Nu.or.id terhadap isu yang diwacanakan pada pemberitaan penodaan agama kasus Ahok di Jakarta.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Konstruksi berita
Republika.co.id dan NU.or.id dibagi dalam tiga perspektif yaitu perspektif pemerintah dan ulama, perspektif hukum dan politik, serta perspektif sosial keagamaan. Republika menyoroti kasus Ahok merupakan kasus penodaan agama dan harus dihukum dengan adil. Kaum yang menyuarakan dengan tegas direpresentasikan oleh ormas yang berideologi fundamentalis. Sedangkan NU.or.id mewacanakan kasus Ahok menyinggung perasaan umat Islam, hal ini diwakili oleh narasumber yang ditonjolkan dalam menyuarakan perdamaian, tidak memihak, serta diserahkan kepada hukum. Hal ini menunjukkan pandangannya bersikap moderat. (2) Kecenderungan pemberitaan pada Republika.co.id dan Nu.or.id dapat dilihat dari framing berita. Kedua media ada perbedaan dari sisi penekanan atau ideologi yang ditonjolkan. Republika.co.id menekankan aspek hukum dan agama dalam beritanya. Pertama, aspek agama, pernyataan kontroversi Ahok yang menyinggung Al Maidah 51 dinilai telah menodai Al Quran (kitab suci agama Islam) yang menjadi panutan umat muslim. Kedua, aspek hukum, penekanan kasus Ahok dibawa ke ranah peradilan dan harus dihukum. Sedangkan NU.or.id dalam pemberitaan kasus Ahok di Jakarta cenderung menekankan pada tiga aspek yaitu hukum, agama, dan politik. Pertama aspek hukum, wacana cenderung mengangkat isu hukum sebagai penyelesaian problem. Kedua, aspek agama, wacana dikaitkan pada persoalan pernyataan Ahok yang menyinggung Al Quran dan umat Islam. Ketiga, aspek politik, wacana yang dibentuk dari pernyataan Kapolri sebagai pihak otoritas yang mengungkapkan adanya agenda politik yang menyusupi kasus Ahok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis framing; Pemberitaan; Penodaan agama; Media Islam online; republika.co.id; nu.or.id
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 70133 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:52
Last Modified: 25 Jan 2021 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics