Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Materi Rotasi dan Revolusi Bumi melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas VI Semester II MI Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011

Muslih, Muhammad (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Materi Rotasi dan Revolusi Bumi melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas VI Semester II MI Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911255_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911255_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911255_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911255_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911255_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911255_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911255_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Peristiwa Rotasi dan Revolusi Bumi Kelas VI MI Cepiring Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu kelas VI MI Cepiring Kabupaten Kendal yang jumlahnya ada 25 peserta didik. Pada saat dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, suasana pembelajaran di kelas VI menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, meliputi empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar peserta didik kelas VI materi sebelumnya, hal ini penting untuk dijadikan dasar nilai awal. Pada kondisi awal sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata hasil belajar hanya 65 dengan ketuntasan belajar 52%. Pada siklus I, persentase interaksi belajar antar peserta didik sebesar 62% dengan rata-rata hasil belajar peserta didik 70 dan ketuntasan belajar 68%. Pada siklus II, persentase interaksi belajar antar peserta didik sebesar 78,57% dengan rata-rata hasil belajar 80,2 dan ketuntasan belajar 92 %. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI MI Cepiring Kec. Cepiring Kab. Kendal tahun pelajaran 2010/2011 pada materi pokok rotasi dan revolusi bumi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Student Teams Achievement Divisions (STAD); Rotasi dan Revolusi Bumi; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 550 Earth sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 08:51
Last Modified: 24 Dec 2013 08:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item