Motif konsumen muslim dalam pembelian produk Milagros di Kota Semarang

Makhmudah, Khoirika (2019) Motif konsumen muslim dalam pembelian produk Milagros di Kota Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_15000108015_KHOIRIKA_MAKHMUDAH]
Preview
Text (TESIS_15000108015_KHOIRIKA_MAKHMUDAH)
TESIS_15000108015_KHOIRIKA_MAKHMUDAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap kegiatan terdapat motif yang mendorong seseorang untuk melakukannya. Termasuk dalam kegiatan pembelian produk Milagros, terdapat motif-motif yang mendorong para konsumen untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saka motif konsumen muslim dalam pembelian produk Milagros di Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat studi lapangan (field research), yaitu kegiatan penelitian yang mengkaji data, dokumen, dan sumber lisan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi guna mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalam mengenati motif konsumen muslim dalam pembelian produk Milagros. Adapun sumber data yang digali adalah motif apa sajakah yang mendorong konsumen muslim melakukan pembelian produk Milagros di kota Semarang.
Penelitian ini menemukan beberapa motif yang mendorong konsumen muslim melakukan pembelian produk Milagros di Kota Semarang. Pertama, motif pembelian utilitarian. Motif yang pembeliannya didasarkan atas pemenuhan kebutuhan perolehan manfaat. Adapun kebutuhan dan manfaat yang ingin diperoleh di antaranya adalah manfaat kesehatan dan bisnis. Kedua, motif pembelian hedonis. Motif yang pembeliannya didasarkan atas pemenuhan emosional. Adapun aspek emosional yang ingin dipenuhi adalah perasaan puas, cocok, ketenangan batin, dan perasaan subjektif lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motif pembelian; Konsumen muslim; Milagros; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Feb 2021 08:30
Last Modified: 15 Feb 2021 08:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12122

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics