Manajemen peningkatan kualitas budaya madrasah adiwiyata pada MAN 01 Pati

Arifin, Moh. Syamsul (2019) Manajemen peningkatan kualitas budaya madrasah adiwiyata pada MAN 01 Pati. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_1703038018_Moh._Syamsul_Arifin]
Preview
Text (TESIS_1703038018_Moh._Syamsul_Arifin)
TESIS_1703038018_Moh._Syamsul_Arifin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lingkungan merupakan salah satu isu kekinian yang harus diperhatikan demi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya. Bencana besar yang disebabkan oleh perilaku manusia itu sendiri menjadi ancaman serius bagi ekosistem dan keserasian ciptaan Allah SWT di muka bumi ini.
Pendidikan atau lembaga pendidikan khususnya bisa menjadi awal dari proses penyadaran manusia untuk sadar dan peduli terhadap lingkungannya. Berawal dari pendidikan inilah kemudian kepedulian terhadap lingkungan ini bisa menular kepada komunitas lainnya. Oleh karena itu suksesnya pengelolaan budaya madrasah adiwiyata dimulai dari perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan dan evaluasi yang terukur dari manajemennya.
Tesis ini bertujuan untuk (1) mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis proses seleksi, sosialisasi dan pelatihan Peningkatan budaya madrasah adiwiyata, dan (2) mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan serta evaluasi manajemen Peningkatan budaya madrasah adiwiyata.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrument untuk melakukan observasi peran serta, wawancara mendalam dengan sumber data utama/informan dan studi dokumentasi. Data dianalisis, dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Peningkatan budaya pada MAN 01 Pati setelah melalui proses seleksi, sosialisasi dan pelatihan serta evaluasi yang dilaksanakan oleh manajemen dengan perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan dan evaluasi yang terstruktur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen madrasah; Budaya madrasah adiwiyata; Madrasah Aliyah Negeri (MAN); Pati
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Feb 2021 06:30
Last Modified: 19 Feb 2021 06:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics