Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pokok Akhlak Terpuji melalui Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Team Quiz (Studi Tindakan Kelas di Kelas V SDI Imama Kedungpane Mijen Tahun Pelajaran 2010/2011)

Istiro’ah, Istiro’ah (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pokok Akhlak Terpuji melalui Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Team Quiz (Studi Tindakan Kelas di Kelas V SDI Imama Kedungpane Mijen Tahun Pelajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911260_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911260_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911260_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911260_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911260_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911260_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911260_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar aqidah akhlak anak kelas V SDI Imama Kedungpane Mijen yang masih jauh dari ketuntasan belajar yaitu dibawah 60%. Untuk mengatasi hal tersebut dicoba diterapkan cooperative learning tipe team quiz yang dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak dalam usaha yang menyenangkan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode cooperative learning tipe team quiz pada mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak terpuji di kelas V SDI Imama Kedungpane Mijen? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak terpuji di kelas SDI Imama Kedungpane Mijen setelah diterapkan metode cooperative learning tipe team quiz ? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode cooperative learning tipe team quiz pada mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak terpuji di kelas V SDI Imama Kedungpane Mijen dilakukan dengan guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok diterangkan materi dan disuruh memberi pertanyaan kepada kelompok lain dan proses ini berjalan secara bergantian samapai semua kelompok mendapat giliran yang sama. 2) Ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak terpuji di kelas SDI Imama Kedungpane Mijen setelah diterapkan metode cooperative learning tipe team quiz, hal ini dapat di lihat dari kenaikan hasil belajar tiap siklusnya dimana Pra Siklus ada 7 siswa atau 35%, pada siklus I ada 12 siswa atau 60% dan pada siklus II ada 17 siswa atau 85%, begitu juga dengan keaktifan belajar juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I ada 9 siswa atau 45% dan siklus II ada 17 atau 85%. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan yaitu 70% baik hasil belajar maupun keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak; Cooperative Learning; Metode Pembelajaran; Team Quiz
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 08:55
Last Modified: 24 Dec 2013 08:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item