Wakaf profesi dalam perspektif fiqih dan undang-undang wakaf di Indonesia : studi kasus di Pondok Modern Tazakka

Setiadi, Doni (2019) Wakaf profesi dalam perspektif fiqih dan undang-undang wakaf di Indonesia : studi kasus di Pondok Modern Tazakka. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Tesis_1500018008_Doni_Setiadi]
Preview
Text (Tesis_1500018008_Doni_Setiadi)
Tesis_1500018008_Doni_Setiadi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wakaf merupakan perbuatan tabarru’, sesuatu yang sangat dicintai dan mendapatkan kemuliaan atasnya.Demi kemaslahatan dan keadilan sosial, improvisasi dan inovasi dalam pengelolaan wakaf di Indonesia adalah sebuah keniscayaan.Apalagi tidak ada landasan utama dari nash yang menyatakan langsung tentang hukum fikih wakaf, maka kebanyakan hukuminya denganijtihadiyyah Maslahiyyah. Karena hukum wakaf bersifat ijtihadi maka sangat memungkinkan untuk membuat inovasi dan improvisasi dalam penerapannya. Berdasarkan dari tujuan wakaf menurut hukum positif di Indonesia yang menjelaskan bahwa wakaf bertujuan mensejahterakan umum dengan manfaatkan potensi dan ekonomis harta benda wakaf.Maka wakaf profesi merupakan salah satu instrumenyang tepat untuk menuju kearah itu.
Melihat macam - macam jenis harta, dari sisi wujud kebendaaan dan kemanfaatan harta dapat dibagi menjadi dua, yaitu: harta yang dapat disentuh dan harta yang tidak dapat disentuh. Contoh yang pertama adalah tanah, kebun, kendaraan (mobil, motor) dll. Kedua adalah harta yang tak berwujud namun dapat dirasakan kemanfaatannya, contoh jasa dokter, arsitek, guru, lawyer. Harta kedua ini dapat dikatakan sebagai Profesi. Nilai kemanfaatan dalam Profesi menjadi acuan utama diperbolehkannya Wakaf profesi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (field research), sehingga penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Guna menemukan, mengkaji dan menganalisis bagaimana proses improvisasi dan inovasi yang dilakukan oleh Lembaga Wakaf Tazakka apakah sesuai dengan metode istinbath hukum yang telah ditetapkan ulama atau tidak..
Dari penelitian ini didapatkan sebuah kesimpulan bahwa wakaf profesi merupakan hasil dari Ijtihad yang dilakukan oleh Lembaga Wakaf Tazakka dalam mengimprovisasi ibadah wakaf. Wakaf merupakan salah satu instrument ibadah yang bertujuan meningkatkan keadilan sosial dan memberikan kemaslahatan yang banyak bagi kepentingan umum, dan di dalam setiap profesi seseorang memiliki potensi kemanfaatan yang besar apabila dikelola dengan baik.

ABSTRACT:

Waqf is an act of tabarru, something that is very loved and gaining glory over it. For benefit and sosial justice, improvisation and innovation in the management of waqf in Indonesia is a necessity. ijtihadiyyah maslahiyyah, so it is possible to make innovations and improvisations in its application. Based on the purpose of waqf according to Positive Law in Indonesia which explains that waqf aims at public welfare by utilizing the potential and ekonimis of waqf property. So profession waqf is one of the instruments to go towards it.
There are many types of assets, assets that can be touched and assets that cannot be touched. Profession is one of the assets that cannot be touched but can be felt the benefits. The value of expediency in the profession is the main reference for the permissibility of professional endowments.
This type of research is qualitative research (field research), so this research is descriptive analysis of how the rules of fiqhiyyah in improvisation and innovation are carried out by the Tazakka Waqf Institution along with the epistemological foundation used as its legal backrest.
From this study, it was found a conclusion that professional endowments were the result of Ijtihadyah carried out by the Tazakka Waqf Institution in improvising waqf. Waqf is one of the instruments of worship that aims to improve sosial welfare and provide many benefits for the public interest.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Wakaf profesi; Fiqih; Undang-undang wakaf; Indonesia; Pondok Modern Tazakka
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Feb 2021 07:00
Last Modified: 23 Feb 2021 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12175

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics