Pandangan antropologis : komparasi pemikiran Whitehead dan Iqbal

Amy, Hilmy Fauziah (2019) Pandangan antropologis : komparasi pemikiran Whitehead dan Iqbal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504016035_HILMY_FAUZIAH_AMY]
Preview
Text (SKRIPSI_1504016035_HILMY_FAUZIAH_AMY)
SKRIPSI_1504016035_HILMY_FAUZIAH_AMY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manusia mempunyai berbagai kebutuhan mendasar, salah satunya adalah kebutuhan akan arti dan tujuan hidup. Kebutuhan ini diperoleh dari pertanyaan dan penghayatan tentang manusia. Pertanyaan tentang manusia dikategorikan filosofis karena menyangkut hakikat atau esensi manusia. Diskusi tentang manusia selalu aktual sepanjang manusia itu ada dan karena ia adalah mahluk sentral di muka bumi. Namun saat ini kita kurang mendalami konsep tentang diri atau manusia secara dasariah atau filosofis. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha memaparkan konsep manusia tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep manusia menurut A. N. Whitehead dan M. Iqbal, mengetahui persamaan dan perbedaan pandangan keduanya, dan merelevansikan konsep manusia dengan problematika manusia modern.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan studi pustaka dengan metode komparatif yang mana mempertemukan dua pandangan tentang manusia. Sesuai dengan konteks penelitiannya maka alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi atau data-data kepustakaan yang berkaitan dengan rumusan masalah penelitian ini. Dan terakhir teknis analisis data yaitu suatu cara untuk menganalisis pemikiran kedua tokoh yang dipilih.
Penelitian ini menghasilkan pandangan bahwa terdapat kesamaan dan perbedaan keduanya tentang konsep manusia, persamaannya bahwa semua manusia itu sama ditingkat mendasar yaitu esensi atau hakikatnya. Dan perbedaannya merupakan suatu wawasan yang menambah kekayaan tentang pemahaman akan manusia (diri kita). Mempelajari konsep manusia dapat direlevansikan ke permasalahan manusia modern yang hulunya dari keterasingan akan dirinya sendiri atau pemahaman diri yang tidak utuh. Ini artinya mempelajari manusia selalu relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Filsafat antropologis; Whitehead; Iqbal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:52
Last Modified: 13 Jun 2021 04:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12196

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics