Kritik Herbert Marcuse terhadap globalisasi dalam perspektif Islam

Azmi, Nuril (2019) Kritik Herbert Marcuse terhadap globalisasi dalam perspektif Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1404016033_NURIL_AZMI]
Preview
Text (SKRIPSI_1404016033_NURIL_AZMI)
SKRIPSI_1404016033_NURIL_AZMI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul kritik Herbert Marcuse terhadap globalisasi dalam perspektif islam. fokus peneliti lebih kepada kritik Herbert Marcuse mengenai masyarakat modern dalam era globalisasi dalam Perspektif Islam. Globalisasi merupakanfenomena khusus dari peradaban manusia yang bergerak terus yang mana masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global.Globalisasi memiliki dampak positif dan negatifnya bagi suatu bangsa dan pemikiran masyarakatnya.Globalisasi pada zaman modern ini ada yang pro dan kontra dengan hadirnya suatu sistem yang mempercepat komunikasi serta aspek-aspek kehidupan masyarakat. Ambigu modernitas tersebut tercipta dalam satu sistem penindasan totaliteryang menjadi status quo dan tak tergoyahkan. Pada latar belakang ini peneliti ingin mengetahui suatu masalah yang dihadapi oleh masyarakat Modern pada Era globalisasi saat ini.
Tujuan dalam penelitian ini guna mengetahui: (1) Bagaimana kritik Herbert Marcuse terhadap globalisasi? (2) Bagaimana kritik Herbert Marcuse Terhadap globalisasi Dalam Perspektif Islam? Penulisan skripsi inimenggunkanmetodologi:(1) Penelitiankepustakaan (library research),(2) Analisis Data Untuk menganalisis data yang telah terkumpul penulis menggunakan analisis kualitatif. (3) Pengumpulan Data (4) Sumber Data
Dari penelitian ini hasil sebagai berikutbahwa Herbert Marcuse dengan tegas mengkritik dan mengatakan bahwa masyarakat modern pada era globalisasi adalah masyarakat yang tidak sehat karena di dalamnya hanya tumbuh satu dimensi saja atau disebutnya one dimensional man/society.Dalam Perspektif Islam globalisasi saat ini seharusnya memberi keadilan,kedamaian, kesejahteraan, saling toleransi serta saling menyayangi sesama makhluk hidup. tanpa adanya penindasan,kepentingan/keuntungan suatu kelompok dan diskrimanasi sesama Manusia karena sejatinya Islam diturunkan sebagai Agama Rahmatalil Alamin( Rahmat bagi seluruh Alam).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Globalisasi; Herbert Marcuse; Filsafat Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:27
Last Modified: 13 Jun 2021 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics