Spiritualitas di kalangan anak milenial copler: studi kasus di Pondok Pesantren Al-Fitrah Meteseh Semarang (persepektif cultural studies)

Zuhri, Nabil (2019) Spiritualitas di kalangan anak milenial copler: studi kasus di Pondok Pesantren Al-Fitrah Meteseh Semarang (persepektif cultural studies). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504016012_NABIL_ZUHRI]
Preview
Text (SKRIPSI_1504016012_NABIL_ZUHRI)
SKRIPSI_1504016012_NABIL_ZUHRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Spiritualitas anak milenial Copler bentuk salah satu kepribadian seseorang, dalam agama islam adalah pengalaman spiritual sebagai bukti dari kenyakinan akan yang disembahnya. Dalam ilmu tasawuf, pengalaman spiritual itu bisa didapatkan dengan melalui banyak cara, diantaranya berdzikir kepada Allah SWT. Cultural Studies (kajian Budaya) tidak hanya sekedar kesenian dan hal-hal yang berkaitan dengan realisasi intelektual semata, namun mencakup seluruh pola tatanan masyarakat, bahkan keseharian yang dilakukan masyarakat bisa dikatagorikan sebagai Cultural Studies (Kajian Budaya). Dan teori kebudayaan (Culture) Gabriel A Almond mengemukakan bahwa segala seseuatu yang terdapat di masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Corak Spiritualitas Anak Milenial Copler di Pondok Pesantren Al-Fitrah Meteseh (2) Kegiataan Anak Milenial Copler di Pondok Pesantren Al-Fitrah Meteseh Semarang Kajian Cultural Studies. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, di mana penelitian yang disusun tidak melalui prosedur statistik, tetapi non stastik/non matematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif, yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka, dengan demikan laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan. Adapun metode pengumpulan data diawali dengan penelitian kepustakaan (library reseach). Dilanjutkan dengan metode observasi, dokomentasi dan wawancara sehingga data yang dibutuhkan dalam penelitian tersebut dapat terkumpul. Sehingga data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Corak Spiritulitas Anak Milenial Copler di Pondok Pesantren Al Fitrah Meteseh diantaranya: sholat berjama’ah, gotong royong, dan talaman. Tapi Corak Spiritulitas Anak Milenial Copler yang paling penting adalah bersosialisai dengan orang lain dan menghormati orang lain itulah ibadah paling mulia. Spiritualitas anak Kopler menjadi bagian penting bagi anak muda sekarang. (2) Anak milenial Copler adalah salah satu fenomena dari beberap kajian Cultural Studies yang ada di Ponpes Al Fitrah Meteseh, karena Anak Copler yang notabennya anak liar mau berubah bahkan ikut kegiatan majlis dzikir. Kegaiatan anak Copler yang ada di Ponpes Al Fitrah adalah: Majlis Dzikir, pembacaan manaqib, maulidurrasul, dan haul akbar, itu semua bagian dari Cultural Studies.
Berdasarkan hasil penelitian ini diaharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan para civitas akademika, para guru, para peneliti dan semua pihak terutama dalam memberi dorongan dan motivasi kepada rekan-rekan semua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas; Anak milenial copler; Pondok Pesantren Al-Fitrah Meteseh; Semarang; Cultural studies
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:37
Last Modified: 13 Jun 2021 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12199

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics