Nilai-nilai Moral dalam Lirik Musik Dangdut Rhoma Irama antara Tahun 1970 -1980

Mustolehudin, Mustolehudin (2012) Nilai-nilai Moral dalam Lirik Musik Dangdut Rhoma Irama antara Tahun 1970 -1980. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Mustolehudin_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mustolehudin_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mustolehudin_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mustolehudin_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang musik dangdut Rhoma Irama telah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Akan tetapi penelitian terhadap nilai-nilai moral dalam liriklirik musik dangdut Rhoma Irama antara Tahun 1970 – 1980 belum banyak dilakukan. Selama ini musik dangdut dianggap sebagai musik kelas bawah dan dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Rhoma Irama pada awal tahun 1970-an melakukan pembaharuan dibidang musik dangdut. Musik dangdut yang semula berkonotasi negatif oleh Rhoma Irama dirubah menjadi musik yang memuat nilai estetika (keindahan) dan nilai etika (pesan moral). Permasalahan utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral apa saja yang terdapat dalam lirik-lirik musik dangdut Rhoma Irama antara tahun 1970 – 1980, dan bagaimana kontekstualisasi nilai-nilai moral tersebut dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama. Penelitian ini adalah tergolong dalam kategori library research dengan pendekatan analysis content. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotik, heremeneutik dan dekonstruksi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa di dalam lirik-lirik musik dangdut Rhoma Irama antara tahun 1970 – 1980 terdapat nilai-nilai moral yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan individu, kehidupan keluarga, kehidupan masyarakat, kehidupan berbangsa dan berneagara, serta dalam kehidupan beragama. Fakta-fakta dalam kehidupan manusia di Indonesia banyak terjadi kasus-kasus amoral yang tidak sesuai dengan norma-norma di masyarakat maupun norma-norma yang berasal dari hukum (wahyu) Tuhan. Nilai-nilai moral yang terdapat dalam lirik-lirik musik dangdut Rhoma Irama antara lain: nilai amanah, nilai benar (as-Ṣiddīq), nilai kejujuran, nilai keadilan (al-‘adl), nilai kasih sayang (al-Raḥmah), nilai persaudaraan, nilai persatuan dan nilai toleransi (tasamuh). Nilai-nilai moral tersebut relevan untuk diimplementasikan dalam segala zaman, yang meliputi masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Hal ini disebabkan yang menjadi rujukan utama dalam lirik-lirik musik dangdut tersebut adalah bersumber dari al-Qur’an dan hadis. Nilai-nilai moral yang terdapat dalam lirik-lirik musik dangdut Rhoma Irama dapat diimplementasikan dalam kehidupan individu, keluarga, kehidupan masyarakat, kehidupan berbangsa dan bernegara dan dalam kehidupan beragama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai Moral; Musik Dangdut; Moral Value; Dangdut Music
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2013 09:49
Last Modified: 28 Oct 2013 09:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item